atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ilmuwan Portugal Temukan Dinosaurus Terbesar

By Atjehcyber.net on 3/07/2014 | 02.15


Lisbon - Para ilmuwan Portugal mengidentifikasi berbagai temuan dari apa yang diduga sebagai pemangsa terbesar yang pernah hidup di daratan Eropa.

Kumpulan fosil dari dinosaurus itu diangkat dari sebuah jurang di Praia da Vermelha di utara Lisbon, Portugal.

Mengutip BBC, makhluk karnivora yang dikenal dengan nama Torvosaurus Gurneyi ini diperkirakan memiliki panjang 10 meter dan bobot hingga 5 ton.

Sejumlah aspek lain tentang dinosaurus ini juga dideskripsikan di edisi terbaru jurnal Plos One. Hewan ini dikategorikan sebagai theropod, yaitu pemangsa daging berkaki dua yang bisa diduga sebagai jenis Tyrannosaurus Rex alias T-Rex.

Namun Torvosaurus hidup di masa yang lebih awal dari T-Rex, yakni di akhir periode Jurassic, sekitar 150 juta tahun silam.

"Kita semua tahu tentang T-Rex, tapi Torvosaurus ini adalah hewan yang berbeda," kata Prof Octavio Mateus dari New University of Lisbon.

"Dinosaurus kami adalah Jurassic. Perbedaan usianya sangat mengejutkan, yaitu 80 juta tahun. Jadi ketika T-Rex berjalan di muka Bumi, Torvosaurus sudah menjadi fosil," imbuhnya. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox