atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Kemungkinan Kabar Penumpang MH370 Disekap adalah Hoax

By Atjehcyber.net on 3/29/2014 | 22.00



Pengguna internet dunia geger karena ada sebuah post forum yang mengaku dari salah satu penumpang MH370 yang disekap di Diego Garcia. Dengan sangat meyakinkan, post itu pun dilengkapi dengan berbagai bukti bahwa memang berasal dari sana.

Salah satunya adalah bukti EXIF dari foto penumpang yang mengaku Philip Wood. Dari data EXIF itu, nampak jelas bahwa koordinat tempat diambilnya foto berasal dari Pangkalan Militer Diego Garcia.

Namun begitu, selama belum adanya crosscheck akan hal ini, belum bisa dipastikan apakah post tersebut memang benar dari penumpang MH370 dan dilakukan di Diego Garcia. Pasalnya, ada beberapa kejanggalan mengenai post forum yang bikin geger ini.

Kejanggalan yang pertama, adalah kemampuan ponsel dari seorang yang mengaku Philip Wood ini untuk mengakses internet. Lewat ponselnya, Anonymous yang kemudian mengidentifikasi dirinya sebagai Philip Wood ini berhasil mengunggah sebuah foto dan menulis post di forumnya.

Hal ini menandakan bahwa ada jaringan internet yang cukup bagus sehingga sebuah foto dan post forum bisa dikirim dari tempatnya disekap ke dunia maya. Jika hal ini benar bisa dilakukan, maka seharusnya Philip Wood juga bisa menggunakan ponsel itu untuk menelepon atau mengirimkan pesan bantuan ketimbang hanya post di sebuah forum antah berantah.

Yang kedua, ada kemungkinan data EXIF dari foto tersebut telah dimanipulasi sebelumnya. Dengan bantuan teknologi saat ini, data apa saja yang ada dalam sebuah foto memang bisa diganti-ganti sesuai keinginan pengguna.

Coba saja googling 'Cara mengganti metadata EXIF', Anda akan menemukan berbagai cara mulai dari whitehat sampai blackhat untuk melakukannya. Bahkan, Adobe Photoshop dengan plugin yang tepat pun bisa digunakan untuk mengganti data forensik foto tersebut.

Yang terakhir, sedikit aneh rasanya membayangkan pernyataan seseorang yang mengaku bekerja untuk IBM ini menyimpan ponselnya di dalam, maaf, pantat. Tentunya akan sangat susah bagi siapa saja untuk menyimpan benda sebesar ponsel apapun bentuknya di situ.

Dalam data EXIF kemudian juga dijelaskan bahwa foto seseorang mengaku Philip Wood ini diambil menggunakan smartphone tipe iPhone 5. iPhone 5 sendiri adalah smartphone dengan dimensi 123,8 x 58,6 x 7,6 mm, cukup besar untuk digenggam di tangan, apalagi kemudian dimasukkan ke dalam tubuh manusia.

Namun begitu, post yang diunggah oleh seorang yang mengaku Phillip Wood tersebut memang sangat meyakinkan. Perlu adanya laporan dari pihak berwenang untuk menyatakan apakah hal ini hoax atau tidak. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox