atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Kenapa Manusia Menguap?

By Atjehcyber.net on 3/18/2014 | 00.10


Sampai sekarang, masih banyak hal-hal unik dan menarik untuk diteliti dari tubuh dan kebiasaan manusia. Salah satunya adalah menguap.

Menurut penelitian, setiap hewan dan juga manusia memiliki tujuan dalam menguap. Seperti contohnya saja adalah penguin menguap sebagai ritual atau tanda dia siap kawin, kelinci menguap sebagai tanda dia marah dan manusia menguap karena beberapa alasan yang salah satunya adalah mengantuk.

Dikutip dari Mashable (13/03), menurut penelitian, manusia menguap tidak semata-mata karena dia lelah atau mengantuk. Manusia menguap adalah reaksi tak terduga dari tubuh sebagai cara untuk mendinginkan otak.

Dengan menguap, maka aliran darah dalam tubuh akan meningkat, denyut jantung sampai otot-otot wajah juga akan rileks sehingga oksigen yang dikandung di dalam tubuh dapat membantu mendinginkan otak.

Kelelahan dan kurang tidur dapat membuat temperatur otak menjadi panas dan hal itu diindikasi dengan seringnya manusia menguap. Akan tetapi, ada sebuah penelitian sebelumnya yang mengatakan bahwa menguap dan mengantuk merupakan tanda bahwa manusia kekurangan oksigen bagus untuk tubuhnya. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox