atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Lenovo Beli 21 Paten Ponsel Senilai Rp1,1 Triliun

By Atjehcyber.net on 3/24/2014 | 18.36


Shanghai - Setelah membeli Motorola, aliran dana Lenovo untuk menguasai teknologi seluler milik perusahaan lain masih terus berlanjut dengan membeli sejumlah paten ponsel milik Unwired Planet.

Mengutip CNET, Lenovo menyetujui pembelian 21 paten milik Unwired Planet senilai US$ 100 juta atau sekitar Rp1,1 Triliun. Paten yang dibeli Lenovo itu termasuk paten perangkat teknologi mobile 3G dan 4G-LTE serta paten mobile penting lainnya.

Sementara kesepakatan lainnya, Lenovo juga akan memiliki lisensi paten milik Unwired Planet untuk beberapa tahun mendatang. Tidak diketahui pasti, apakah kesepakatan lainnya ini termasuk kesepakatan lisensi silang atau Lenovo memang menyewanya untuk periode tertentu.

"Investasi ini adalah perluasan dari portofolio yang sudah ada dengan kekayaan intelektual Lenovo," kata General Counsel Lenovo Jay Clemens dalam sebuah pernyataan.

"Ini akan melayani perusahaan dengan baik seperti yang sudah tumbuh dan berkembang berupa smartphone di seluruh dunia dan bisnis mobile PC Plus di pasar baru," imbuhnya.

Unwired Planet merupakan pionir pengembang dari Wireless Application Protocol (WAP) yang merupakan standar teknis untuk mengakses informasi atau isi sebuah website di internet melalui jaringan ponsel.

Perusahaan ini juga menjadi pemasok perangkat lunak komunikasi ponsel terbesar, seperti teknologi SMS, MMS, email, browser web, dan gateway internet.

Dalam industri ponsel, banyak perusahan menganggap Unwired Planet sebagai sebuah perusahaan 'Patent Troll'.

Pasalnya, mereka seringkali memanfaatkan paten penting yang dimilikinya untuk membawa berbagai vendor raksasa seperti Apple, BlackBerry, dan Google ke meja hijau dengan tujuan menuntut biaya lisensi, ganti rugi atas pelanggaran paten, hingga ajakan untuk lisensi silang. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox