atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Malaysia Airlines Ditemukan! Stop, Jangan Percaya Dulu!

By Atjehcyber.net on 3/15/2014 | 07.30


Seperti kasus-kasus sebelumnya, pemberitaan tentang menghilangnya pesawat milik Malaysia Airlines (MH370) ternyata dimanfaatkan oleh para cybercriminal untuk mencari mangsa.

Dengan semakin tingginya minat orang yang mencari informasi terkait hilangnya MH370 secara misterius, para spammer secara langsung bergerak cepat dengan menyebarkan spam sekaligus malware di Facebook.

Selain menggunakan foto, para cybercriminal juga menggunakan pancingan berupa link video untuk menjaring mangsa. Untuk lebih meyakinkan para korban, para spammer dan peretas jahat tersebut menuliskan berita hoax yaitu berbunyi "Malaysia Airlines berhasil di temukan di laut - 50 orang selamat."

Namun, seperti dikutip dari The Hacker News (13/03), apabila dilihat dan diteliti lebih lanjut, gambar yang disebarkan oleh para cybercriminal itu bukanlah foto dari pesawat Malaysia Airlines melainkan foto pesawat Lion Air yang jatuh di laut Bali pada tahun 2013 lalu.



Seketika korban meng-klik link informasi, gambar atau video, maka mereka akan dibawa ke laman yang telah disediakan para penjahat tersebut serta akan secara otomatis terjangkiti oleh malware.

Oleh karenanya, disarankan untuk tidak meng-klik link yang menginformasikan bahwa Malaysia Airlines telah ditemukan, karena sampai sekarang pun pesawat itu masih raib dan belum diketahui keberadaannya. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox