atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Material Unik Bantu Proses Penjernihan Air

By Atjehcyber.net on 3/18/2014 | 10.30


CALIFORNIA - Ilmuwan menemukan cara baru untuk proses penjernihan air agar siap untuk dipergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Metode ini melibatkan material berteknologi tinggi serta cahaya matahari untuk proses penjernihan air (water purifier).

Dilansir Sciencedaily, Senin (17/3/2014), matahari ditambah dengan pigmen titanium mungkin akan menjadi resep rahasia untuk membersihkan obat-obatan, pestisida dan polutan berbahaya lainnya dari air minum. Para ilmuwan membuat beberapa komponen berteknologi tinggi untuk penjernihan air untuk masyarakat pedesaan atau negara-negara berkembang.

Ide ini masuk dalam daftar dari 10 ribu presentasi yang digelar pada event National Meeting & Exposition, American Chemical Society (ACS) di Dallas. Ilmuwan Anne Morrissey menjelaskan bahwa teknologi baru ini suatu hari bisa dimanfaatkan dalam produk konsumen yang mudah digunakan.

Dengan metode ini, air diklaim lebih jernih karena proses penghapusan polutan yang membandel untuk air minum. Ia bersama timnya di Dublin City University, Irlandia memulai dengan senyawa yang disebut titanium dioksida (TiO­2).

Senyawa ini umumnya digunakan untuk memutihkan cat, kertas, pasta gigi, makanan dan produk lainnya. Dengan energi yang tepat, TiO2 juga dapat bertindak sebagai katalis atau molekul yang mendorong reaksi kimia.

Katalis ini bisa mengalahkan senyawa yang tidak diinginkan dalam air minum seperti pestisida dan obat-obatan. Senyawa TiO2 umumnya hanya dapat diaktifkan oleh sinar ultraviolet. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox