atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Membaca Sertifikasi IP di Smartphone Tangguh

By Atjehcyber.net on 3/07/2014 | 07.30


Kehadiran smartphone tangguh tahan air dan debu biasanya diiringi dengan sertifikasi dengan parameter IP yang diikuti dengan dua angka di belakangnya.

Misalnya Galaxy S4 Active dan Galaxy S5, dua smartphone tangguh milik Samsung ini memiliki sertifikasi IP67. Sedangkan Sony memberikan sertifikasi IP57 kepada Xperia Z dan IP58 untuk Xperia Z2. Apa perbedaannya?

Mengutip Pocketnow, IP (International Protection) adalah satuan ukuran yang banyak digunakan para produsen perangkat elektronik yang dipublikasikan oleh badan International Electrotechnical Commission (IEC).

Kode IP ini akan memberikan klasifikasi serta tingkatan perlindungan yang bisa dihadirkan terhadap material yang bersifat merusak seperti air dan debu.

Bagaimana dengan dua angka yang mengikuti di belakangnya? Berikut penjelasannya:

Angka pertama setelah ‘IP’ mengindikasikan ukuran dari material asing yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada perangkat:

- 0: sama sekali tak ada perlindungan
- 1: di atas 50mm, kategori ini termasuk berbagai bagian dari permukaan tubuh seseorang yang berukuran lebar semisal punggung tangan. Perlu ditekankan bahwa rating angka 1 ini sama sekali tidak memberikan perlindungan semisal seseorang menyentuhkan bagian tubuh mereka pada perangkat ini.
- 2: di atas 12,5mm: kategori ini memberikan perlindungan dari jari tangan atau benda-benda lain yang seukuran
- 3: di atas 2,5mm: kategori ini memberikan perlindungan dari perangkat kecil seperti kabel atau benda-benda lain yang seukuran
- 4: di atas 1mm: kategori ini memberikan perlindungan dari kabel, sekrup atau benda-benda lain yang seukuran
- 5: kategori ini memberikan perlindungan dari debu; sekalipun mampu menghambat jalan masuk dari debu dalam jumlah yang banyak, namun rating ini mungkin masih bisa ditembus oleh debu dalam jumlah yang lebih sedikit. Kalaupun ada debu yang bisa masuk, kemampuan operasional dari perangkat tersebut tak akan terganggu
- 6: sama sekali tak bisa ditembus oleh debu

Sedangkan angka kedua setelah ‘IP’ akan mengindikasikan tingkat perlindungan ketika perangkat tersebut bertemu dengan air:

- 0: sama sekali tak ada perlindungan
- 1: kategori ini memberikan perlindungan terhadap tetesan air yang jatuh secara vertikal (rintik-rintik hujan)
- 2: kategori ini memberikan perlindungan terhadap tetesan air yang jatuh dengan sudut hingga 15 derajat dari posisi normal (hujan ringan)
- 3: kategori ini memberikan perlindungan terhadap semprotan air dari sisi manapun hingga 60 derajat dari posisi vertikal (semprotan air kecil)
- 4: kategori ini memberikan perlindungan terhadap percikan air dari sisi manapun
- 5: kategori ini memberikan perlindungan terhadap semprotan air di sisi manapun (water jet)
- 6: kategori ini memberikan perlindungan terhadap semprotan air di sisi manapun (water jet dengan semburan yang kuat)
- 6K: kategori ini memberikan perlindungan terhadap semburan air yang kuat dari segala arah, juga dalam tekanan yang lebih tinggi (water jet dengan semburan yang kuat plus tekanan yang tinggi)
- 7: kategori ini mampu menutup jalan masuk air, bahkan ketika direndam di dalam air (maksimal 1 meter)
- 8: kategori ini mengindikasikan bahwa perangkat tersebut layak untuk digunakan di dalam air (tingkat kedalaman di atas 1 meter)
- 9K: kategori ini memberikan perlindungan terhadap semburan air yang kuat, baik dalam jarak dekat maupun semburan air dengan temperatur tinggi. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox