atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Cassini Tangkap Objek Merah di Bulan

By Atjehcyber.net on 3/23/2014 | 02.00


CALIFORNIA - Observasi terbaru dari NASA menemukan bahwa bulan milik Saturnus bernama Titan merefleksikan cahaya matahari dan menciptakan kilauan warna berwarna merah. Ilmuwan NASA meyakini bahwa objek ini dihasilkan oleh karena pantulan sinar matahari pada area tertentu di Titan.

Dilansir Discovery, Jumat (21/3/2014), Cassini menangkap refleksi tersebut saat melayang di atas Titan pada 24 Juli 2012. "Jika (dugaan) kami benar, penemuan ini merepresentasikan gelombang permukaan air pertama yang ada di luar Bumi," tutur Jason Barnes, ilmuwan planet University of Idaho.

Perbandingan dengan model komputer menunjukkan empat pengukuran wilayah kutub utara Titan yang dibuat oleh Cassini’s Visual and Infrared Mapping Spectrometer pada 26 Juli dan 12 September 2013. Pantauan pesawat luar angkasa ini mengungkap lautan bergelombang yang memantulkan sinar matahari.

Ilmuwan juga percaya bahwa ada hamparan lumpur yang tertutup lapisan cair dan menciptakan lereng di bulan tersebut. Kalkulasi yang dilakukan ilmuwan menunjukkan bahwa gelombang pada area yang dinamakan Punga Mare ini memiliki ketinggian 2 centimeter atau sekira 0,8 inci. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox