atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

NASA Kumpulkan Data Satelit Bantu Cari MH370

By Atjehcyber.net on 3/15/2014 | 21.30


WASHINGTON – Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak Sabtu, 8 Maret lalu mencuri perhatian dunia. Bahkan hilangnya pesawat jet Boeing 777, yang membawa 227 penumpang dan 12 awak itu menarik perhatian Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) Amerika Serikat, untuk ikut serta mencari keberadaan pesawat.

Melalui pesan elektroniknya kepada Space.com, NASA menyatakan telah bergabung untuk membantu pencarian pesawat Malaysia Airlines MH730 yang hilang sejak Sabtu, 8 Maret lalu. Pejabat NASA mengatakan pihaknya sejak Selasa (10/3) telah mengkaji upaya-upaya untuk dapat berkontribusi dalam pencarian MH370.

"Upaya yang dilakukan termasuk mengumpulkan data satelit yang diperoleh sebelumnya dan menggunakan aset yang berada di antariksa, seperti satelit Earth-Observing-1(EO-1) dan kamera ISERV di Stasiun Antariksa Internasional , untuk mendapatkan citra baru kemungkinan lokasi kecelakaan," kata juru bicara NASA Allard Beutel.

Resolusi dari citra yang dihasilkan instrumen ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi objek yang ukurannya sekitar 98 kaki (30 meter).

NASA juga akan mengirim data relevan kepada Geological Survey's Earth Resources Observations and Science Hazard Data Distribution System yang memfasilitasi pertukaran informasi sejak Piagam Antariksa Internasional dan Bencana Besar diaktifkan.

Piagam itu, --yang bertujuan untuk mengurangi dampak bencana alam dan ulah manusia dengan melancarkan pengiriman data antariska--, diaktifkan pada Selasa (11/3) oleh China, seperti dilansir media CNET . (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox