atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Peneliti Klaim Ciptakan Makhluk Hidup Baru

By Atjehcyber.net on 3/26/2014 | 00.10


Para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengaku telah berhasil menciptakan sebuah makhluk hidup baru. Namun, jangan bayangkan makhluk hidup ini hebat, karena hanya berupa mikroba saja.

Seperti yang dilansir oleh News Track India (24/3), terinspirasi dari material alam seperti tulang, mineral, dan substansi lainnya, pada ilmuwan berhasil menciptakan sel bakteri. Sel ini digunakan untuk memproduksi biofilm yang mampu memisahkan nanopartikel emas dan titik kuantum.

Makhluk ini tercipta setelah para peneliti mengombinasikan beberapa sel hidup yang merespon terhadap lingkungan. Kemudian tercipta molekul biologis yang kompleks dan memiliki ukuran yang cukup panjang.

"Teknik baru ini bisa digunakan untuk membentuk perangkat yang lebih kompleks seperti sel surya, material yang mampu memperbaiki diri sendiri, atau sensor diagnostik," kata Timothy Lu, anggota penelitian.

Makhluk yang sebenarnya lebih cocok disebut sebagai material hybrid ini telah disebutkan dalam jurnal Nature Materials. Peneliti berharap akan mampu menggunakannya sebagai baterai atau sel surya. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox