atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Polusi Udara Dunia Tewaskan 7 Juta Jiwa

By Atjehcyber.net on 3/28/2014 | 00.10


Jenewa - WHO mengungkap, tujuh juta penduduk dunia meninggal dunia akibat polusi udara sepanjang 2012.

Temuan ini mengisyaratkan hubungan antara polusi udara dengan penyakit jantung, masalah pernapasan dan kanker, demikian dilaporkan BBC.

"Satu dari delapan kematian di dunia terkait dengan polusi udara. Ini adalah risiko kesehatan lingkungan tunggal terbesar dunia," kata WHO.

Menurut organisasi kesehatan dunia ini, lebih dari enam juta kematian tersebut terjadi di Asia Tenggara dan Pasifik Barat.

"Risiko polusi udara sekarang lebih besar dibandingkan perkiraan atau pemahaman sebelumnya, terutama dalam kaitannya dengan gangguan jantung dan stroke," ujar Dr Maria Neira, Direktur Kesehatan Masyarakat, Lingkungan, dan Faktor Sosial WHO.

"Berbagai bukti ini mengisyaratkan perlunya tindakan bersama untuk membersihkan udara yang kita hirup," imbuh Dr Neira.

WHO menyatakan langkah pengurangan polusi udara dapat menyelamatkan jutaan orang.

Temuan organisasi ini didasarkan data satelit, pengamatan daratan, model pergerakan udara dan data emisi polusi. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox