atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Rekor Seputar Hilangnya MH370

By Atjehcyber.net on 3/24/2014 | 00.10


Sudah dua pekan pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 tak kunjung ditemukan. Padahal, semua sumber daya sudah dikerahkan untuk mencari pesawat tersebut.

"Sudah banyak keterlibatan dan konstribusi dari pihak ketiga. Ini adalah operasi pencarian dan penyelamatan salah satu yang terbesar dalam sejarah," kata Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein seperti dilansir dari the star, Sabtu (22/3).

Ia mengatakan, Malaysia akan melakukan berbagai cara agar pesawat ditemukan. Salah satunya menyelidiki informasi apapun yang dianggap menunjang pencarian.

Berikut ini rekor seputar hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370:

1.Pencarian melibatkan 26 negara
Sebanyak 26 negara terlibat dalam pencarian pesawat MH370. Jumlah negara yang ikut naik signifikan setelah sebelumnya hanya 14 negara.

26 Negara itu adalah Malaysia, Australia, Bangladesh, Brunei, China, Prancis, India, Indonesia, Jepang, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Laos, Myanmar, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Turkmenistan, UAE, Inggris, AS, Uzbekistan, dan Vietnam.

Tim SAR dari berbagai negara itu menyisir dari darat dan laut. Selain menggunakan pesawat, pencarian juga dilakukan lewat citra satelit. Untuk sementara, hasilnya masih nihil.

"Saya ingin memberikan penghargaan kepada tim SAR baik wanita dan laki-laki dari berbagai negara yang tak kenal lelah untuk mencari pesawat MH370," kata Hishammuddin Hussein.

2.Pencarian terluas hingga 3,6 juta kilometer
Menteri Transportasi Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan wilayah pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 kini diperluas hingga 3,6 juta kilometer persegi.

Dia menuturkan Indonesia dan Australia memimpin pencarian di wilayah koridor selatan di kawasan Samudera Hindia. Sedangkan China dan Kazakhstan memimpin pencarian di koridor utara (dari Thailand hingga Kazakhstan).

Hishammuddin menjelaskan, negara-negara tidak berada di koridor itu juga tetap membantu buat mencari.

Menteri Luar Negeri Anifah Aman yang juga hadir dalam jumpa pers itu menyatakan mustahil negara-negara lain ikut membantu pencarian jika Malaysia tidak punya hubungan baik dengan mereka. Pencarian pesawat berpenumpang 239 orang itu kini sudah memasuki dua pekan dan belum ada tanda-tanda keberhasilan.

3.Melibatkan armada terbanyak
Banyaknya negara yang ikut terlibat dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines otomatis menambah jumlah armada yang ikut dalam pencarian melonjak.

Negara-negara yang terlibat mengerahkan armada terbaiknya. Dengan dilengkapi radar modern, mereka menyisir koridor-koridor yang telah ditentukan.

Salah satunya China. Negara ini telah menambah satu pesawat canggihnya jenis Ilyushin IL-76. Pesawat itu akan tiba di Perth untuk melakukan operasi di koridor selatan. Selain itu ada juga pesawat Shaanxi Y-8. Pesawat itu telah tiba di Malaysia pada Jumat lalu.

"China juga mengirimkan tambahan dia kapal dari laut Andaman untuk bergabung dengan kapal China yang sudah beroperasi di koridor selatan," ujar Hishammuddin Hussein.

India juga tak mau kalah. Negara itu mengirimkan pesawat jumbo P-8 Poseidon dan C-130 Hercules. Dua pesawat itu sudah tiba di Malaysia pada Jumat lalu.

Angkatan laut Inggris juga mengirimkan kapal HMS Echo yang berada di Teluk Persia. Kapal itu kini bergerak ke koridor selatan bergabung dengan kapal dari negara lain. Kapal itu dilengkapi dengan sensor canggih yang mampu mendeteksi benda di bawah laut. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox