atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Robot China Masih 'Merana' di Bulan

By Atjehcyber.net on 3/19/2014 | 00.10


BEIJING - Yutu atau Jade rabbit, robot buatan badan antariksa China telah diterbangkan ke Bulan sejak Desember tahun lalu. Robot ini sebelumnya diberitakan mengalami kendala karena suhu dingin di bulan yang mengganggu kerja mesin.

Dilansir Nbcnews, Selasa (18/3/2014), rover Bulan, Yutu buatan China telah bangun dari 'mati suri' selama sekira dua pekan. Robot ini masih menderita dari masalah kontrol mekanik yang telah diketahui sejak akhir Januari 2014.

Armada pendarat, Chang'e yang membawa Yutu ke permukaan Bulan juga telah terbangun dua hari sebelum Yutu, yakni 12 Maret 2014. "Yutu dan pesawat pendarat (lander) telah memulai lagi operasi dan eksplorasi mereka sesuai jadwal," tutur China's State Administration of Science, Technology and Industry for National Defense atau SASTIND.

Yutu sempat menangkap gambar Chang'e pada ketika telah mendarat di permukaan Bulan. Gambar ini telah dipublikasikan melalui Twitter oleh kantor berita Xinhua pada 22 Februari.

"Masalah kontrol yang mengganggu Yutu sejak Januari (masih berlangsung)," ungkap kantor berita Xinhua. Masalah muncul karena robot tidak dapat menjalankan panel surya sebagai generator energi.

Robot juga tidak dapat mengaktifkan enam roda dan bergerak di permukaan Bulan. Dengan kata lain, meskipun robot sudah berada di permukaan Bulan, robot ini tidak bisa bergerak sama sekali karena gangguan pada panel surya penghasil energi Yutu.

Akan tetapi, kamera, radar dan instrumen sains lainnya serta peralatan pada robot tersebut masih dapat beroperasi normal. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox