atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Setiap Orang Adalah Wartawan

By Atjehcyber.net on 3/03/2014 | 02.00


Dunia internet dewasa ini sudah berkembang dengan berbagai media sosial yang beragam rupa. Media sosial yang begitu cepat memberi informasi, disebut telah menyamai atau bahkan melebihi kecepatan peran situs warta berita.

Agus Sudibyo, salah satu anggota Dewan Pers, menyebutkan bahwa sekarang ini setiap orang yang bersosial media juga bertindak sebagai wartawan. Pasalnya, orang-orang yang bukan berprofesi sebagai wartawan kerap melaporkan mengenai situasi kondisi di lapangan yang merupakan kejadian penting.

Hanya saja, kata dia, warga dunia maya tak memiliki keharusan untuk melakukan poin-poin yang harus dimiliki wartawan. Seperti cover both side, 5W+1H, tidak menghakimi, dan tidak mencampur dengan opini.

"Seperti di Twitter misalnya, informasi itu mengalir cepat sekali. Orang-orang di media sosial ini memberikan informasi secara cepat," katanya dalam forum diskusi Berinternet Sehat dan Produktif, di Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Warga yang melaporkan tentang suatu informasi mengenai kejadian terbaru biasa disebut sebagai Citizen Journalism, atau Jurnalisme Warga. Namun untuk warga dunia maya disebutnya Netizen. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox