atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

'Sirtuin' Bisa Perpanjang Usia

By Atjehcyber.net on 3/05/2014 | 10.00


CALIFORNIA - Penelitian baru mengenai protein 'sirtuin' menemukan bahwa senyawa organik ini bisa memperpanjang harapan hidup. Protein ini kabarnya dapat bekerja untuk makhluk hidup, khususnya mamalia.

Dilansir Howitworksdaily, Senin (3/3/2014), peneliti yang menganalisis protein sirtuin ini berharap bahwa tidak hanya hewan yang usia harapan hidupnya bisa diperpanjang, tetapi juga manusia. Belum diketahui apakah protein ini benar-benar aman digunakan utnuk manusia.

Partikel protein ini dikenal sebagai sirtuin 6 (SIRT6). Para ilmuwan telah mengamati bahwa mamalia kecil seperti tikus memiliki harapan hidup yang lebih rendah saat protein itu tidak diserap oleh tubuh tikus.

Peneliti mengatakan, protein yang bekerja dalam ragi memungkinkan pembelahan sel terjadi lebih banyak. Pada mamalia, protein ini bisa berpotensi memperlambat DNA dan reproduksi kromosom.

Ilmuwan percaya, ada beberapa harapan untuk protein SIRT6 ini untuk melawan efek penuaan. Protein sirtuin, dikenal dalam sains sebagai senyawa organik yang bisa mempengaruhi proses sel makhluk hidup seperti penuaan, peradangan serta ketahanan stres. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox