atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

T-Rex Mini Pernah Hidup di Kutub Utara

By Atjehcyber.net on 3/15/2014 | 13.00


Predator mengerikan dari zaman dinosaurus, Tyrannosaurus Rex, ternyata tidak hidup di daerah beriklim hangat saja. Ternyata, ada saudara T-Rex ini yang juga hidup di Kutub Utara.

Seperti yang dilansir oleh Guardian LV (13/3), spesies dinosaurus pygmy atau cebol dengan nama latin Nanuqsaurus hoglundi diketahui pernah hidup di utara Alaska pada 70 juta tahun lalu. Reptil raksasa ini diberi nama mirip beruang kutub karena habitat dan salah satu ciri fisiknya mirip.

Dinosaurus ini memiliki ukuran setengah lebih kecil dari T-Rex dan bobotnya hanya tujuh persen dari bobot rata-rata T-Rex. Makhluk ini juga memiliki bulu tebal yang mampu melindungi dirinya dari udara super dingin Kutub Utara.

Namun begitu, berbeda dengan saat ini, Kutub Utara pada masa itu masih enak ditinggali karena tidak berupa daratan es saja. Sebagian besar daratannya merupakan gunung yang puncaknya tertutup es dan hamparan hutan konifer.

Kutub Utara pada saat itu hangat saat musim semi dan dingin saat musim salju. Sehingga, Nanuqsaurus hoglundi pun akhirnya harus pintar-pintar berburu seperti beruang kutub.

Selain dinosaurus Nanuqsaurus hoglundi yang ditemukan baru saja di daerah tersebut, juga ditemukan Pachyrhinosaurus. Pachyrhinosaurus sendiri merupakan sepupu dekat dari Triceratops. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox