atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Teknologi Pesawat Tanpa Awak Pembersih Kabut

By Atjehcyber.net on 3/12/2014 | 07.30


BEIJING - China menunjukkan perkembangannya terkait produk inovasi teknologi. Setelah berhasil di bidang antariksa dengan menerbangkan robot rover Jade Rabbit ke Bulan, kini Negeri Tirai Bambu ini mengembangkan pesawat terbang tanpa awak.

Dilansir Scientificamerican, Senin (10/3/2014), China menguji pesawat tanpa awak yang dirancang untuk membersihkan kabut pada Sabtu. Media setempat melaporkan, ini merupakan langkah penting bagi industri penerbangan domestik di China.

Pada pembukaan pertemuan tahunan parlemen pekan lalu, Perdana Menteri China, Li Keqiang mengatakan bahwa China akan menyatakan perang terhadap polusi. Pesawat terbang tanpa awak ini diproduksi oleh Aviation Industry Corp of China (AVIC).

Pesawat ini mampu menyapu kabut dan asap dengan mengeluarkan sebuah katalis atau zat kimia. Dibandingkan metode lainnya untuk menyebarkan katalis, penggunaan pesawat tanpa awak atau drone ini mengurangi risiko serta mengurangi biaya.

"Bahkan dalam kabut tebal UAV bisa terbang dengan rute yang akurat," ungkap insinyur Guo Haijun. Pesawat jenis 'parafoil' ini dilengkapi parasut dan mampu membawa beban muatan yang berat dan pesawat ini juga cocok untuk mendukung pembibitan pada pertanian.

Selain itu, pesawat tanpa awak ini juga bisa mendukung penyelamatan darurat serta tugas-tugas lainnya. Pengujian ini dilakukan di bandara provinsi Hubei, China. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox