atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

XL: Gamer Online di Indonesia Capai 25 Juta

By Atjehcyber.net on 3/27/2014 | 13.00


Perkembangan industri game di Indonesia, khususnya game online sangat pesat, yang mana lebih dari 25 juta gamer online berasal dari Indonesia. Dari jumlah 25 juta tersebut, yang merupakan pelanggan XL mencapai 5 juta orang.

Direktur Digital Services XL Dian Siswarini mengungkapkan game memberikan pendapatan yang signifikan bagi pendapatan total digital services, yaitu 25-30 persen.

"Melalui XKoin, kami menggandeng mitra pembayaran dan publisher game untuk bersama-sama mengembangkan game lokal dan global," ungkapnya, Rabu (26/3).

Berdasarkan data lembaga riset IDC, sepanjang 2013, nilai bisnis game di global mencapai USD 150 juta, 60 persen di antaranya berasal dari game berbasis PC, 36 persen berasal dari game social media seperti Facebook, dan 4 persen sisanya berbasis mobile.

Pada game online, gamer membutuhkan in-apps purchase, seperti senjata, aksesoris, poin pengalaman, peta petualangan, fitur berlangganan, dan lainnya yang bisa didapat melalui game credits.

Menurut Dian, saat ini 80 persen dari gamer online mendapatkan game credits dari voucher fisik dan sisanya dari e-banking dan kartu kredit. Layanan XKoin memungkinkan pelanggan mendapatkan credit dengan memanfaatkan saldo pulsa yang ada atau menggunakan voucher fisik XL. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox