atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

807 Merek Daftarkan Nama Domain .id

By Atjehcyber.net on 4/19/2014 | 20.00


Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) tepat pukul 16.00 WIB hari ini menutup periode prioritas pendaftaran nama domain 'anything.id' untuk pemegang nama merek. Periode yang populer dengan sebutan Periode Sunrise ini telah berlangsung selama 12 minggu sejak dimulai 20 Januari lalu.

Selama hampir tiga bulan, lebih dari seribu nama domain didaftarkan. Namun hanya 807 nama domain yang memenuhi syarat dan dapat disetujui oleh PANDI.

Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah, mengatakan, Periode Sunrise memang hanya untuk pemilik sertifikat merek atau yang sudah mendaftarkan mereknya ke Ditjen HKI Kumham. "Jadi cukup banyak yang tidak dapat disetujui nama domainnya karena tidak memiliki sertifikat merek atau bukti pendaftaran nama merek dari Ditjen HKI," jelas Andi.

Periode prioritas bagi pemegang merek dilakukan untuk menghindari perselisihan nama domain di kemudian hari. "Dengan tiga bulan periode prioritas untuk pemegang merek ini, kami berharap potensi perselisihan di masa depan dapat ditekan," ujar Andi.

Delapan nama domain didaftarkan lebih dari dua pihak dan pemenangnya diputuskan melalui lelang. Delapan nama domain itu adalah: andro.id, bcainsurance.id, bola.id, hotel.id, indoglobal.id, jobs.id, tiket.id, dan toto.id. Domain toto.id merupakan domain yang mendapatkan penawaran tertinggi sebesar 57 juta rupiah.
Cukup banyak nama populer yang muncul pada deretan nama-nama domain 'nything.id'. Sebutlah astra, djarum, gudanggaram, detik, tempo, kaskus, bca, telkom, matahari, polytron, ultrajaya, dan nama-nama lain yang tak asing lagi. Dari merek internasional terdapat nama-nama seperti: bmw, epson, gap, ricoh, specs, campina, dan canon. Dari dunia internet muncul nama-nama popoler seperti google, twitter, bitcoin, atau kindle.

Dari dunia politik Indonesia, tampaknya hanya bakal calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, yang mendaftarkan nama domain jokowi.id. Domain ini didaftarkan oleh Seknas Jokowi, salah satu kelompok relawan pendukung calon presiden tersebut.

Selain nama-nama populer, muncul juga nama-nama yang cukup unik seperti jomblo.id, bobotoh.id, andro.id, bangsawan.id, atau user.id.

Ketua PANDI Bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, mengungkapkan, cukup banyak pemegang merek yang belum mendaftarkan nama domain 'anything.id'. "Banyak pemegang merek yang sebelumnya sudah memiliki domain co.id. Mereka kebanyakan memilih mendaftarkan domain 'anything.id-nya pada Periode Grandfather," ungkap Sigit.

Setelah Periode Sunrise, mulai 21 April akan dilaksanakan 'Periode Grandfather' hingga 13 Juni 2014. Periode Grandfather merupakan periode prioritas untuk pemegang Domain Tingkat Dua (DTD).id sebelumnya. Pemilik domain abc.co.id, misalnya, dapat mendaftarkan nama domain abc.id.

Tentang PANDI

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk oleh komunitas Internet Indonesia bersama pemerintah pada 29 Desember 2006. Pada 29 Juni 2007, pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika RI secara resmi menyerahkan pengelolaan seluruh domain internet Indonesia kepada PANDI, selain go.id dan mil.id.

Selain mengelola secara penuh domain-domain co.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, biz.id, my.id, dan desa.id, PANDI juga membantu pemerintah Republik Indonesia mengelola domain go.id dan mil.id. PANDI saat ini memiliki 12 registrar yang menerima pendaftaran domain .id secara profesional dan berkualitas. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox