atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Akhirnya, Microsoft Resmi Pensiunkan Windows XP

By Atjehcyber.net on 4/09/2014 | 11.42


Tepat per 8 April 2014, masa bakti sistem operasi personal computer (PC) Windows XP akhirnya harus berakhir.

Melalui situs resminya, pihak Microsoft telah mengumumkan secara resmi menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi yang telah beredar sejak 2001 silam itu. "Windows XP support has ended," tulis Microsoft di situs resmi mereka.

Tak dapat dipungkiri, Windows XP adalah salah satu produk sistem operasi tersukses yang pernah dihasilkan Microsoft. Hadir selama kurang lebih 13 tahun di tengah-tengah para pengguna perangkat komputasi dunia, Windows XP menjadi sistem operasi yang paling lama mendapat dukungan dari Microsoft.

Sistem operasi yang berjalan untuk platform PC ini pertama kali diperkenalkan pada 25 Oktober 2001. Berbagai pembaruan (update) keamanan dan dukungan lainnya secara bertahap dan konsisten telah diberikan oleh Microsoft.

Namun pada 14 April 2009, Microsoft sudah mulai menghentikan dukungan teknis, klaim garansi, dan desain, akan tetapi update keamanan masih terus diberikan hingga pada akhirnya per 8 April 2014 semua itu telah dihentikan sepenuhnya.

Dengan keadaan ini, Microsoft mengimbau agar para pengguna PC yang masih menggunakan Windows XP untuk segera beralih ke sistem operasi yang lebih modern, Windows 7, 8 atau 8.1.

Pasalnya tanpa dukungan patch dan update keamanan dari Microsoft, Windows XP justru akan menjadi bumerang yang membahayakan pengguna.

Tak hanya Microsoft, hal senada pun diperingatkan oleh sejumlah perusahaan kemanan komputasi seperti Trustwave dan Help AG. Keduanya kompak mengatakan bahwa dihentikannya patch dan update kemanan oleh Microsoft memungkinkan munculnya lubang (bug) keamanan pada Windows XP.

Celah itu dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh para hacker untuk mengeksploitasi berbagai hal yang ada pada PC pengguna.

Tak hanya Microsoft yang menghentikan dukungan keamanan Windows XP, para pembuat anti virus pun hampir dipastikan sudah tidak akan lagi memproduksi produk keamanan untuk platform Windows XP. (*microsoft.com/lip6)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox