atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Roma: Ini Kata Arkeolog

By Atjehcyber.net on 4/15/2014 | 02.30


Roma - Pekan depan, Roma akan memperingati ulang tahun ke-2.767. Bukti arkeologis terbaru menunjukan usia ibu kota Italia itu lebih tua seratus tahun.

Roma, seperti yang diyakini selama ini, berdiri 21 April 753 sebelum masehi (sM). Pendirinya adalah dua bersaudara Romulus dan Remus.

Minggu (13/4), sejumlah arkeolog menemukan dinding yang diperkirakan berusia seratus tahun sebelum Romulus dan Remus mendirikan Roma.

"Dinding dibangun dengan baik, jauh sebelum pendirian kota Roma," ujar Patrizia Fortini, arkelolog yang bertanggung jawab atas penggalian kota kuno ini.

Dinding, masih menurut Fortini, terbuat dari blok-blok tuff vulkanik, dan diperkirakan disusun untuk menyalurkan air dari aquifer di bawah bukit Capitoline ke Sungai Spino -- anak Sungai Tiber. Di sekitar dinding, arkeolog menemukan tembikar keramik dan sisa-sisa makanan.

Roma dibangun bertahap, dengan tanggal pembangunan ditulis kemudian hari. Padahal ada bukti sekelompok masyarakat tiba di bukit Palatine pada awal abad ke-10 sebelum masehi.

Temuan dinding kuno ini terjadi tak jauh dari Lapis Niger, bahasa latin untuk menyebut batu hitam. Lapis Niger adalah sebuah kuil yang diyakini berkaitan dengan tahun pertama pendirian Roma. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox