atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Balon WiFi Google Sudah Tempuh 500 Ribu Kilometer

By Atjehcyber.net on 4/09/2014 | 10.30


San Francisco - Masih ingat dengan proyek balon udara WiFi bernama 'Project Loon' yang digagas Google pada Juni 2013? Kini proyek itu telah berjalan hampir satu bulan dan sudah menempuh 500 ribu kilometer pertama.

Project Loon adalah proyek balon udara milik Google yang mampu memancarkan jaringan WiFi bagi berbagai wilayah yang dilaluinya. Balon ini untuk memberikan akses internet gratis bagi sejumlah daerah terpencil yang kesulitan mendapatkan jaringan internet.

Kini dalam 22 hari perjalanannya keliling dunia, balon udara WiFi milik Google ini telah menempuh 500 ribu kilometer pertama.

"Balon ini menyeberangi lautan Pasifik sebelum melanjutkan ke arah Timur menuju Chile dan Argentina. Setelah itu, balon tersebut akan kembali ke rute asalnya, yakni di sekitar Australia dan Selandia Baru," demikian tulis tim Project Loon dalam postingan Google+ seperti dilansir DigitalTrends.

Dalam uji coba tahun lalu, 30 balon uji yang diisi helium dilepas ke angkasa di Selandia Baru. Balon yang digerakkan angin ini melaju di ketinggian 20 kilometer di atas permukaan Bumi dan dirancang berada di udara selama lebih dari tiga bulan.




Sejumlah balon udara yang dilengkapi WiFi ini merupakan langkah pertama dari impian Google dalam memberi akses internet kepada lima miliar penduduk di seluruh dunia.

Project Loon adalah proyek utama dari Google X Lab, tim yang juga membesut mobil berjalan sendiri (self-driving car) dan kacamata revolusioner Google Glass. Balon udara tersebut dapat terbang secara alami dan juga dapat dikontrol secara manual oleh tim Google. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox