atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Biofuel Lebih Berbahaya Dari Bensin

By Atjehcyber.net on 4/22/2014 | 02.30


Nebraska -- Biofuel, bahan bakar terbuat dari sisa tanaman jagung, ternyata lebih buruk dibanding bensin untuk pemanasan global jangka pendek.

Studi yang dilakukan Universitas Nebraska-Lincoln, dan dibiayai pemerintah federal AS, menunjukan biofuel bukan bahan bakar bersih dan bisa membantu memerangi perubahan iklim.

Hasil studi yang dirilis jurnal Nature Climate Change menyimpulkan biofuel menghasilkan residu gas rumah kaca sebesar tujuh persen lebih pada tahun-tahun awal penggunaan, dibanding bensin konvensional.

Sedangkan biofuel yang baik, dan layak dijadikan bahan bakar jangka panjang, tidak akan memenuhi standar UU Energi AS tahun 2007, alias tidak memenuhi syarat sebagai bahan bakar terbarukan.

Hasil penelitian ini merupakan pukulan bagi kelompok pendukung biofuel selulosa, yang telah menerima lebih satu miliar dolar dari pemerintah federal tapi belum mampu memenuhi target yang disyaratkan UU. Setengah dari biofuel kebutuhan pasar diharapkan berasal dari residu jagung.

"Analisis inti menggambarkan tidak ada petani yang bertanggung jawab, atau memproduksi biofuel sesuai standar, karena akan merusak tanah dan pasokan bahan baku," ujar Jan Koninckx, direktur bisnis global untuk biorefineries di DuPont, seperti dikutip guardian.co.uk. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox