atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Dibully Saat Kecil Tingkatkan Risiko Bunuh Diri

By Atjehcyber.net on 4/20/2014 | 14.00


Jangan kira apa yang terjadi di masa kecil sama sekali tak akan mempengaruhi seseorang saat dewasa. Hidup manusia bukan potongan-potongan adegan seperti di film yang bisa dipilih dan dibuang yang buruk. Sama seperti ketika seseorang mengalami bullying. Bahkan ketika bullying terjadi di masa kanak-kanak, efeknya ternyata terus ada hingga orang tersebut dewasa.

Penelitian mengungkap bahwa bullying akan merusak mental dan fisik anak hingga 40 tahun setelah mereka mengalami tindakan bullying tersebut. Hal ini bahkan akan mempengaruhi cara mereka hidup dan kualitas kehidupan mereka, seperti dilansir oleh Daily Mail (18/04).

Hasil ini ditemukan oleh peneliti dari Kings College, London, setelah mengamati sekitar 7.771 anak. Sekitar 28 persen pernah mengalami bullying saat berusia delapan hingga 11 tahun. Peneliti kemudian mengikuti mereka hingga berusia 50 tahun.

Mereka menemukan bahwa tindakan bullying di masa kecil masih membekas dalam bentuk trauma hingga anak-anak tersebut beranjak dewasa. Dari partisipan tersebut 28 persen pernah dibully secara terus-menerus, sementara 15 persen dibully dengan parah.

Korban bullying diketahui memiliki tingkat kesehatan yang lebih rendah dan lebih mudah merasa depresi, cemas, serta lebih sering memikirkan bunuh diri bahkan ketika mereka berusia 50 tahun. Selain itu, anak yang sering dibully juga memiliki kualitas hidup yang lebih rendah, terutama jika mereka berasal dari kalangan pendidikan rendah.

Tak hanya itu, bullying juga berpengaruh terhadap kemampuan seseorang menjalin hubungan dengan orang lain. Korban bullying diketahui lebih sulit menjalin hubungan dengan orang lain dan lebih tak puas dengan kehidupan mereka.

Hasil ini menekankan bahwa bullying merupakan hal serius. Bullying bukanlah salah satu fase pertumbuhan yang harus dilewati oleh anak. Orang tua harus selalu waspada agar anak mereka tak mengalami bullying karena dampak dari bullying ini akan terus membekas hingga mereka tua. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox