atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Dua Pulau Vulkanik Menyatu di Samudera Pasifik

By Atjehcyber.net on 4/11/2014 | 07.30


Tokyo - Menurut Lembaga Antariksa AS, NASA, pulau vulkanik di Samudera Pasifik telah menyatu dengan pulau lain yang kemudian membentuk satu daratan besar.

Pulau itu terbentuk akibat erupsi di dasar laut yang menyemburkan beberapa materi ke permukaan. Pulau yang baru terbentuk itu terletak di 1.000 km sebelah selatan Tokyo, Jepang.

Hanya dalam waktu empat bulan, kedua pulau tersebut telah menyatu dengan luas total lebih dari satu kilometer.

Pada November 2013, pulau baru yang disebut Nijima itu, terlihat berada di dekat wilayah Nishino-shima, sebuah daratan vulkanik lain yang muncul pada 1970-an.

Menurut NASA, dua puncak gunung di kedua pulau tersebut juga menyatu dan menjulang lebih dari 60 meter di atas permukaan laut. Lahar vulkanik aktif yang mengalir di gunung berapi itu pun dilaporkan berada di bagian selatan pulau tersebut.

Mengutip BBC, pulau vulkanik baru ini terletak di rangkaian kepulauan Ogaswara, Jepang, yang terbentang di perairan Samudera Pasifik.

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox