atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Berikut Wilayah dan Jadwal "Gerhana Bulan Darah" Hari Ini

By Atjehcyber.net on 4/15/2014 | 08.00


Apabila sesuai perhitungan, maka hari ini (15/04) akan ada satu gerhana bulan langka dan hanya beberapa daerah di Indonesia yang dapat melihatnya.

Di Indonesia, gerhana akan berlangsung kala siang hari dan penduduk Indonesia bagian barat tidak akan dapat melihat gerhana bulan total 15 April 2014. Area Indonesia timur juga hanya dapat menikmati proses akhir gerhana sebagian saat Bulan terbit.

Tapi, tidak berarti para pengamat langit tidak akan bisa mengamati apapun, karena besok bulan purnama akan tampak sangat cerlang di malam hari ditemani titik merah lain di angkasa, yakni Planet Mars yang sedang berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi dalam perjalanan menuju perihelionnya.

Pendar merah
Gerhana bulan total dikenal pula dengan nama Blood Moon atau "Bulan Berdarah". Lantas apa itu bulan berdarah?

Saat terjadi gerhana Bulan, Bumi akan menghalangi datangnya cahaya Matahari ke Bulan sehingga Bulan tidak akan menerima cahaya untuk kemudian dipantulkan ke Bumi.

Jika kita pengamat bisa melihat Bumi dari dalam bayangannya, maka kita akan melihat atmosfer di tepinya berpendar merah.

Sebenarnya ini yang dilihat para astronom di ruang angkasa ketika gerhana bulan Total. Sebuah cincin merah yang mengelilingi Bumi.

Pada saat Bulan berada tepat dalam umbra Bumi, cahaya Matahari secara tidak langsung masih bisa lolos dan mencapai Bulan. Tapi, cahaya Matahari ini harus terlebih dahulu melewati atmosfer Bumi yang menyaring atau menyebarkan hampir seluruh cahaya biru/hijaunya. Hanya cahaya merah yang bisa lolos melewati atmosfer.

Cahaya merah atau oranye yang lolos ini jauh lebih redup dari cahaya matahari yang putih. Meski lolos, atmosfer Bumi pun membiaskan atau membelokkan sebagian cahaya tersebut sehingga hanya sebagian kecil yang mencapai Bulan dan menyinari Bulan yang sedang berada dalam bayangan Bumi.

Wilayah gerhana 
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gerhana bulan total akan terjadi pada 15 April 2014.

Gerhana ini dapat diamati dari banyak cakupan wilayah Indonesia terkecuali Pulau Jawa bagian barat (Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah), Pulau Kalimantan bagian barat (Provinsi Kalimantan Barat dan sebagian Kalimantan Tengah), dan Pulau Sumatra.

Gerhana bulan total, menurut BMKG, juga akan bisa diamati dari Afrika bagian barat, Eropa bagian barat dan Samudera Atlantik saat bulan sedang terbenam.

Seluruh proses gerhana akan dapat diamati dari Amerika Selatan bagian barat dan Amerika Utara, serta Samudera Pasifik bagian timur.

Proses gerhana pada saat bulan terbit dapat diamati di Samudera Pasifik bagian barat, Australia dan Asia bagian timur.

Namun keseluruhan proses gerhana tidak dapat diamati dari daerah Asia, Afrika bagian timur dan Eropa bagian timur.

Fase gerhana total akan berlangsung selama 78 menit dari keseluruhan proses gerhana yang akan berlangsung selama 3,5 jam dimulai saat Bulan memasuki lingkaran umbra.

Sementara durasi untuk proses keseluruhan gerhana—mulai dari kontak awal penumbra sampai Bulan meninggalkan penumbra Bumi—mencapai 5 jam 44 menit.

Berikut ini rincian jam untuk 'menonton' gerhana bulan total

Waktu Indonesia Bagian Barat
Awal Gerhana Penumbral 11:53:37
Awal Gerhana Sebagian 12:58:19
Awal Gerhana Total 14:06:47
Puncak Gerhana 14:45:40
Akhir Gerhana Total 15:24:35
Akhir Gerhana Sebagian 16:33:04
Akhir Gerhana Penumbral 17:37:37

Waktu Indonesia Bagian Tengah
Awal Gerhana Penumbral 12:53:37
Awal Gerhana Sebagian 13:58:19
Awal Gerhana Total 15:06:47
Puncak Gerhana 15:45:40
Akhir Gerhana Total 16:24:35
Akhir Gerhana Sebagian 17:33:04
Akhir Gerhana Penumbral 18:37:37

Waktu Indonesia Bagian Timur
Awal Gerhana Penumbral 13:53:37
Awal Gerhana Sebagian 14:58:19
Awal Gerhana Total 16:06:47
Puncak Gerhana 16:45:40
Akhir Gerhana Total 17:24:35
Akhir Gerhana Sebagian 18:33:04
Akhir Gerhana Penumbral 19:37:37

Semoga informasinya tepat dan bermanfaat. (*/langitselatan.com)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox