atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Maniak Selfie Bisa Sebabkan Gangguan Kejiwaan

By Atjehcyber.net on 4/19/2014 | 13.30


CALIFORNIA - Asosiasi Psikiater Amerika (APA) mengatakan kebiasan memotret foto selfie didefinisikan sebuah gangguan kejiwaan. Dari gangguan mental ini, yaitu memotret selfie, bisa berpengaruh pada ancaman yang serius.

APA menyatakan bahwa selfie adalah sebuah kelainan mental dalam sebuah rapat tahunan yang digelar di Chicago. Gangguan jiwa dari kebiasaan memotret diri sendiri ini dinamakan Selfitis.

Gangguan kejiwaan ini didefiniskan sebagai keinginan obsesif kompulsif untuk memotret diri sendiri yang kemudian diunggah ke jejaring sosial yang dimilikinya. Menggunggah foto diri, kata para psikiater APA seperti dikutip News.am, Selasa (8/4/2014), merupakan sebuah usaha bagi seseorang untuk menambah kepercayaan dan harga dirinya sendiri.

Sementara itu APA mendefinisikan kelainan jiwa Selfitis ini dibagi tiga, yaitu Selfitis Pinggiran, Selfitis Akut, dan Selfitis Kronis. Selfitis Pinggiran adalah kecenderungan seseorang mengambil foto diri, sekurang-kurangnya tiga kali dalam sehari, tapi tidak mengunggah hasil fotonya ke jejaring sosial miliknya.

Sementara itu Selfitis Akut dikategorikan bagi seseorang yang memotret diri sekurang-kurangnya tiga kali dalam sehari dan mengunggah tiap hasil foto diri tersebut ke media sosial.

Dan yang terakhir, Selfitis Kronis adalah dorongan tak terkendali untuk mengambil gambar diri sendiri sepanjang waktu, dan mengunggah foto-foto tersebut ke media sosial lebih dari enam kali sehari.

Menurut APA, untuk saat ini belum ada obat untuk menanggulangi gangguan Selfitis tersebut. Namun sebagai pengobatan sementara dapat dilakukan dengan terapi kognitif perilaku.

Ancaman dari penyakit Selfitis ini sudah terbukti. Gangguan kejiwaan ini nyaris menelan korban jiwa di Inggris. Seorang remaja pria asal Inggris bernama Danny Bowman pernah nekat berusaha bunuh diri karena tak berhasil mendapat foto terbaik dari hasil selfie yang dilakukannya. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox