atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Pensiun 8 April, Windows XP Bahayakan Pengguna

By Atjehcyber.net on 4/07/2014 | 15.30


CALIFORNIA - Pada 8 April 2014, Microsoft akan menghentikan dukungan update keamanan pada Windows XP. Setelah 13 tahun sistem operasi tersebut dipakai pengguna, raksasa software tersebut mendorong pengguna untuk segera migrasi ke Windows 8.

Dilansir Bangkokpost, Minggu (6/4/2014), dihentikannya patch atau update ini memungkinkan lubang keamanan dalam Windows XP, di mana hackers bisa mengeksploitasi untuk masuk ke dalam komputer pengguna. Kabarnya, di seluruh dunia, 20 sampai 30 persen mesin atau PC masih mengandalkan Windows XP.

"Saya yakin Anda memiliki segalanya dari departemen kepolisian hingga bank, kantor hukum hingga restoran. Pikirkan bisnis dan mereka mungkin menjalankan XP, saya akan mengatakan semua orang dalam bahaya yang sama," ungkap Christopher Pogue, Director Trustwave.

Trustwave merupakan spesialis yang membantu bisnis melawan kejahatan cyber. Apabila Microsoft menyetop patch, kemungkinan hacker bisa melancarkan serangan atau taktiknya dam menyusup pada OS tersebut.

Menurut ahli keamanan IT, hacker mungkin sudah mengetahui cara untuk menjebol komputer yang pakai Windows XP. "Anda berbicara jutaan sistem komputer yang akan berhenti untuk menerima update keamanan rutin. Itu jelas menyebabkan kepanikan karena kerentanan baru yang akan diperkenalkan," jelas Pogue. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox