atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Selangkah Lagi, Material Ajaib di Genggaman Anda

By Atjehcyber.net on 4/11/2014 | 19.52


Seoul - Mulailah membayangkan smartphone di genggaman Anda sekian puluh kali lebih ringan, tapi 200 kali lebih kuat dari baja.

Semua itu akan terwujud dalam beberapa tahun ke depan, menyusul pernyataan Samsung Advanced Institute of Technology yang sukses mengembangkan struktur transistor baru menggunakan graphene.

Ditemukan Andrei Geim dan Konstantin Novoselov tahun 2004, graphene -- kerap disebut material ajaib (miracle material) -- adalah bahan terkuat di muka bumi. Setidaknya 20 kali lebih kuat dari intan, 200 kali lebih kuat dari baja, dan enam kali lebih ringan, serta sangat konduktif -- baik elektrik maupun termal.

Masih belum cukup, graphene nyaris transparan, kedap gas, dan -- menurut sejumlah ilmuwan -- mudah dibentuk.

Berkat temuannya, Geim dan Novoselov dianugerai Nobel bidang fisika tahun 2010. Namun sejak temuan itu dipublikasikan, seluruh negara berlomba melakukan penelitian dan pengembangan untuk memproduksi graphene skala komersial, dan menggunakannya di semua industri elektronik dan penerbangan.

Graphen memiliki mobilitas elektron sekitar 200 kali lebih besar dari silikon. Namun, pengembangan graphene sebagai pengganti silikon terbentur fakta bahwa transistor berbahan graphene tidak bisa dimatikan. Graphene adalah material semi-logam.

Samsung Advanced Institute of Technology merekayasa ulang prinsip operasi dasar switch digital, dan berhasil mengembangkan perngkat yang dapat mematikan transistor berbahan graphene tanpa menurunkan mobilitasnya. Perangkat ini disebut Barristor.

Sejauh ini, Samsung Advanced Institute of Technology telah mendaftarkan sembilan temuannya ke kantor hak paten dunia, yang seluruhnya berhubungan dengan graphene. Khusus metode operasi Grafena Barristor, temuan ini membuat Samsung terdepan dalam pengembangan graphene.

Peng Sheng, profesor Nanoscience di Hong Kong University of Science and Technology, mengatakan graphene memiliki banyak potensi, khususnya di industri aplikasi optik dan perangkat elektronik.

Sheng yakin tidak akan lama lagi banyak pabrik akan memproduksi graphene skala komersil, dan industri elektronik memanfaatkannya. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox