atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Sumatra Utara: Cyber Province

By Atjehcyber.net on 4/06/2014 | 02.30


Setelah melihat dari pertumbuhan ekonomi yang mencapai 10 persen yang dalam 3 tahun terakhir ini sudah melampaui angka nasional, maka ada wacana menjadikan Sumatera Utara jadi Provinsi Siber atau Cyber Province.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengusulkan agar Sumut menjadi Cyber Province dikarenakan kesuksesan dalam menumbuhkembangkan pemakaian teknologi telekomunikasi serta pertumbuhan ekonomi yang mencapai 6,1 persen di atas angka nasional yang masih 5,78 persen.

"Usulan itu mengacu pada 'share' pemakaian telekomunikasi di Sumut atas pertumbuhan ekonomi secara nasional mencapai 10 persen," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring di Medan, pada saat dihelatnya acara Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sumut, seperti dikutip dari Antara, Jumat (04/04).

Gubernur Sumut, H Gatot Pujonugroho mengatakan pertumbuhan ekonomi di Sumut memang cukup baik di mana posisi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencapai 22,45 persen.

Namun, inflasi di Sumut masih terbilang tinggi sehingga sedikit mengganggu perekonomian daerah itu meski terus bertumbuh. Oleh karena itu, Pemprov Sumut berupaya menurunkan inflasi di bawah dua digit.

Gubernur menyebutkan, inflasi di Sumut disumbang dari sektor transportasi, jasa, keuangan, listrik dan tarif air.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut,pertumbuhan tertinggi pada 2013 dicapai oleh sektor keuangan, persewaan, dan jasa perusahaan sebesar 8,31 persen.

Wakil Gubernur Sumut, H Tengku Erry Nuradi menambahkan, Sumut siap menjadi etalase Indonesia bagian barat pada 2018. Untuk itu Pemprov Sumut melakukan persiapan sarana dan prasarana infrastruktur sebagai pendukung laju perekonomian masyarakat.

Menurut Erry, pertumbuhan ekonomi Sumut di atas 6 persen salah satu prestasi yang layak dibanggakan. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox