atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Tim Pencari Segera Turunkan Bluefin 21

By Atjehcyber.net on 4/16/2014 | 11.00


Koordinator pencarian pesawat MH370 mengaku bakal segera menurunkan robot drone, Bluefin 21, ke bawah laut.

Penerjunan Bluefin 21 ditempuh setelah tim pencari tidak lagi dapat menangkap sinyal yang diyakini sebagai sinyal kotak hitam MH370. Sinyal terakhir ditangkap beberapa saat lalu.

"Ocean Shield yang membawa alat pencari sinyal akan berhenti mencari hari ini. Kapal itu akan menerjunkan wahana nirawak di bawah laut sesegera mungkin. Kami belum mendeteksi satu sinyal pun dalam enam hari terakhir. Jadi saya pikir ini saatnya ke bawah laut," ujar Angus Houston, koordinator pencarian pesawat MH370 dalam konferensi pers di Perth, Australia.

Masa hidup normal baterai kotak hitam pesawat umumnya mencapai 30 hari. Adapun pesawat MH370 kini telah menghilang selama 38 hari.

Operasi 20 jam
Tim pencari meyakini kotak hitam MH370 berada sekitar 1.550 kilometer sebelah barat laut Kota Perth.

Menurut Houston, Bluefin 21 akan memampukan tim pencari untuk menciptakan peta sonar di dasar laut mengingat sinyal tidak lagi bisa dideteksi. Peranti buatan Amerika Serikat tersebut akan dioperasikan selama 20 jam sehari.

Bluefin 21 memiliki panjang 4,93 meter dan mengangkut pelacak sonar seberat 750 kilogram. Peranti itu dapat beroperasi di kedalaman 4.500 meter di bawah permukaan laut. (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox