atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

"Untuk Telepon Saja, Harus ke Bukit"

By Atjehcyber.net on 4/14/2014 | 13.00


Kalimantan Tengah, masyarakat pedalaman Kotawaringin Timur sampai saat ini selalu kesulitan untuk melakukan komunikasi via telepon atau juga perangkat mobile.

Hal tersebut dikarenakan sinyal dari para operator seluler tidak dapat diterima dan mereka mencari sinyal sampai harus naik ke atas bukit.

"Kalau mau nyari sinyal telepon selular, harus naik ke bukit. Tapi kan tidak mungkin kita bisa setiap hari naik ke bukit untuk berkomunikasi," kata Didi, salah seorang pegawai honor yang bertugas di Desa Tumbang Puan Kecamatan Telaga Antang saat berada di Sampit, seperti dikutip dari Antara, Jumat (11/02).

Banyak pengguna telekomunikasi lain di daerah itu yang berharap agar para perusahaan operator peduli akan kebutuhan mereka dengan memasang menara agar aktivitas komunikasi dapat terlaksana dengan lancar.

Didi juga menambahkan bahwa 'sinyal terakhir' dari operator seluler hanya sampai di daerah Sangai. Ketika masuk Kotawaringin Timur apalagi sampai Tumbang Suang dan Tumbang Sawang, maka pengguna perangkat mobile harus bersusah payah dahulu untuk mendapatkan sinyal.

Masih terbatasnya akses komunikasi dan informasi ini memang menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kabupaten Kotim untuk dicarikan solusinya.

Penanganan masalah ini masuk dalam program penanggulangan kemiskinan dan pengentasan desa tertinggal yang sudah dialokasikan pendanaannya dalam APBD Kotim.

Saat ini komunikasi sangat penting untuk hubungan masyarakat setempat dengan warga di kawasan lain untuk urusan keluarga maupun pekerjaan. Jika komunikasi sudah mudah diakses, masyarakat akan sangat terbantu sehingga waktu mereka lebih efisien dan efektif. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox