atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

4 Toko Aplikasi Lokal Siap Bersaing Dengan Google Play

By Atjehcyber.net on 5/29/2014 | 14.00


Sama seperti negara lain di dunia, ada banyak pengguna smartphone Android di Indonesia. Menurut perusahaan riset IDC, tahun lalu 81 persen OS smartphone di Indonesia adalah Android.

Itu berarti saat ini ada lebih dari 32 juta pengguna Android di tanah air. Melihat peluang ini, banyak pemain yang meluncurkan toko aplikasi Android sendiri untuk memenuhi permintaan pengguna di Indonesia.

Berikut adalah empat toko aplikasi Android ciptaan pihak ketiga yang bersaing untuk menjadi yang terdepan.

1.Jalan Tikus 



Diluncurkan pada bulan Juni 2012, Jalan Tikus adalah salah satu pelaku di ranah toko aplikasi Android pertama di Indonesia. Toko aplikasi ini menjamin bahwa semua aplikasi di platformnya aman, legal dan gratis.

Selain aplikasi Android, website ini juga memiliki aplikasi untuk PC, dan sebuah blog aplikasi. Pada bulan September lalu tim Jalan Tikus mengatakan kepada Tech in Asia bahwa mereka telah melayani lebih dari 10 juta permintaan download dari lebih dari enam juta pengguna unik. Startup ini mencapai 1,3 juta pageview per bulan saat itu.

2.Gudang Aplikasi 



Gudang Aplikasi memiliki pendukung yang kuat. Toko aplikasi ini dibuat oleh XL Axiata dan dikembangkan oleh Huawei. Perusahaan telekomunikasi tersebut mengungkapkan bahwa mereka menyiapkan investasi hingga USD 1 juta untuk toko aplikasi Android ini.

Diluncurkan dua bulan lalu, Gudang Aplikasi kini memiliki 10.000 aplikasi dengan 150.000 pengunjung unik hingga saat ini. Sayangnya, hanya pelanggan XL yang bisa membeli aplikasi premium dengan pulsa.

3.TemanDev 



Telkomsel meluncurkan TemanDev pada Agustus 2013, dengan 68 aplikasi lokal, untuk memperingati ulang tahun ke-68 Telkomsel sendiri. Pengguna Telkomsel bisa membeli aplikasi premium di TemanDev dengan pulsa.

Selain Android, pengguna juga bisa menemukan aplikasi dari OS lain seperti Windows Phone, Symbian, BlackBerry, dan feature phone di TemanDev.

4.WePlay 



WePlay mungkin sedikit berbeda dari beberapa toko aplikasi lain dalam daftar ini. WePlay diciptakan oleh perusahaan telekomunikasi asal Singapura SingTel, yang hanya menawarkan game dan hanya tersedia dalam bentuk sebuah aplikasi (sementara tiga lainnya adalah web portal).

Aplikasi ini berekspansi ke Indonesia pada bulan Maret dan telah mencapai lebih dari 100.000 download sejauh ini. Karena SingTel adalah mitra Telkomsel, hanya pengguna Telkomsel yang bisa membeli game premium dengan pulsa. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox