atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Badan Kesehatan AS Resmikan Tangan Bionik

By Atjehcyber.net on 5/14/2014 | 15.30


Washington - Tangan bionik yang mampu menggenggam benda sensitif telah diresmikan oleh badan kesehatan AS. Bernama 'Deka Arm', tangan bionik ini memiliki jemari yang beroperasi menyerupai jari manusia.

Mengutip BBC, Deka Arm memiliki jangkauan yang jauh lebih luas dibandingkan perangkat yang sudah ada sebelumnya. Para veteran tentara AS yang tangannya diamputasi akibat peperangan, membantu menguji coba dan menyempurnakan tangan bionik ini.

Deka Arm dikembangkan menggunakan dana sebesar US$40 juta atau sekitar Rp460 miliar yang berasal dari badan penelitian pertahanan AS.

Walaupun organ bionik dikembangkan beberapa tahun belakangan, namun kebanyakan inovasi yang diciptakan terfokus kepada bagian kaki, ketimbang tangan dan lengan.

Tangan dan lengan bionik dianggap lebih sulit karena pengembang harus memastikan koordinasi lengan dan jemari.

"Perangkat ini didesain untuk menciptakan pergerakan natural untuk orang-orang yang mengalami amputasi," jelas Justin Sanchez, juru bicara badan penelitian pertahanan AS.

Sanchez menambahkan, Deka Arm akan memudahkan para pengguna untuk makan, menretsleting pakaian dan mengunci pintu.

Tangan bionik ini juga diklaim mampu menggenggam objek sensitif seperti botol wine, juga peralatan berat seperti bor listrik. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox