atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Cortana Lebih Unggul Dibanding Siri dan Google Now

By Atjehcyber.net on 5/20/2014 | 02.40


Saat ini setidaknya ada 3 aplikasi asisten digital yang digunakan oleh 3 vendor mobile berbeda, yaitu Google Now milik Google, Siri milik Apple dan ang terbaru adalah Cortana milik Microsoft. Dari ketiganya, mana yang lebih baik?

Dari segi umum, Google Now dan Siri berusia lebih tua dibandingkan dengan Cortana, namun dari segi keahlian, seperti yang dilansir oleh PC News (13/05), nampaknya aplikasi asisten digital dari Microsoft itu lebih unggul dibandingkan keduanya.

Memang sebelum membuatnya, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan mengambil apa yang tidak dimiliki oleh Google Now dan Siri untuk disematkan dalam Cortana. Dan akhirnya, hal tersebut terbukti dengan keunggulan Cortana di beberapa bidang dibanding dua aplikasi asisten digital itu.

Microsoft juga menjelaskan bahwa Cortana didesain sangat unik sehingga seperti memiliki 'jiwa' manusia. Seperti halnya ketika ditanya, "Apakah kamu mencintaiku?" Dia akan memberikan jawaban lebih realistis dan logis, sedangkan Google Now dan Siri harus menunggu input data untuk pertanyaan tersebut bahkan terkadang memberikan jawaban yang tidak nyambung.

Dalam suatu bagan, Cortana dan Siri support untuk dioperasikan dengan hanya menggunakan tombol sedangkan Google Now harus menunggu penggunanya untuk mengatakan "OK Google" dahulu sebelum pemrosesan data.

Cortana dan Google Now secara langsung memberikan jawaban peringatan akan suatu hal, contohnya ketika Anda ingin membeli sesuatu dan pada saat yang sama, Anda berada di suatu tempat di dekat toko yang menyediakannya. Kedua aplikasi dari Microsoft dan Google itu akan memberikan notifikasi peringatan sedangkan Siri tidak dapat melakukannya.

Mirip seperti di ponsel terdahulu ketika seseorang mengaturnya untuk mengingatkan penggunanya ketika suatu acara atau hal penting akan terjadi, seperti contohnya hari ulang tahun seseorang. Cortana dapat melakukan dan mengingatkan penggunanya secara otomatis ketika acara tersebut sudah mendekati hari H, sedangkan Google Now dan Siri tidak support untuk hal tersebut.

Dalam hal sisi 'manusianya,' Siri memang terkesan lebih unggul dibandingkan dengan Google Now, contohnya saja ketika ditanya "apakah kamu seksi?" Siri dan Cortana dapat menjawabnya secara lugas, sedangkan Google Now tidak dapat memberikan jawabannya.

Masih ada beberapa hal lain lagi yang menjadikan Cortana lebih unggul dibandingkan dengan Google Now dan Siri walaupun statusnya sampai sekarang masih dalam tahap beta.

Walau masih beta dan berusia muda, namun dari segi kemampuan, Cortana diprediksi dapat mengungguli Google Now dan Siri yang sekarang ini masih menjadi andalan para pengguna perangkat berbasis iOS dan Android. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox