atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

India Luncurkan Taksi Khusus Wanita

By Atjehcyber.net on 5/27/2014 | 12.30



Kalau di Indonesia kita punya bus yang menyediakan pojok tempat duduk khusus bagi wanita, India sudah selangkah lebih maju lagi. Tingginya kasus pelecehan dan kejahatan seksual terhadap wanita di negara tersebut mengakibatkan sejumlah pihak berwenang di India berinisiatif untuk mengambil langkah demi menjaga keselamatan dan melindungi hak para perempuan. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan membuat fasilitas umum yang khusus ditujukan untuk perempuan.


Dilaporkan Madhyamam, pemerintah Kota Kerala, Kochi meluncurkan sepuluh taksi khusus untuk penumpang wanita yang diberi nama She Taxi pada tanggal 19 Mei lalu. Taksi ini menyediakan pelayanan khusus untuk penumpang perempuan saja. Sopirnya adalah para wanita berseragam warna merah muda dan biru. Sementara warna taksinya sendiri sangat khas wanita, putih dan merah muda.Dengan mengendarai taksi ini para perempuan dijamin sampai di tempat tujuan dengan aman dan nyaman, tak perlu khawatir lagi dengan risiko pelecehan seksual atau kriminalitas yang selama ini mengancam keselamatan mereka.

Sebelum Kochi, gagasan She Taxi ini pertama kali dijalankan oleh pemerintah Thiruvanathapuram dengan menyediakan lima buah taksi khusus wanita. Menurut Elite Daily, Kozhikode akan menjadi kota ketiga yang menjalankan program She Taxi ini.


Pemerintah Kerala berharap program ini diterima oleh masyarakat dan terus berkembang. Mereka merencanakan peluncuran 250 armada She Taxi di seluruh kota dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu mereka berharap agar langkah mereka ini diikuti oleh pemerintah negara-negara lain.

Lebih jauh lagi, Oommen Chandy, salah satu menteri di pemerintah Kerala mengatakan bahwa Uni Emirat Arab telah menunjukkan ketertarikan untuk mengadopsi program She Taxi ini. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox