atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Indonesia: Pelanggan Telko Melebihi Jumlah Penduduknya

By Atjehcyber.net on 5/18/2014 | 08.00


JAKARTA - Perhelatan ICT Expo 2014 telah digelar sejak Selasa hingga Jumat (14-16 Mei 2014) di Jakarta Convention Center. Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengatakan, ICT Expo 2014 bisa merangsang pertumbuhan ICT di Indonesia.

"Menurut data ATSI jumlah nomor handphone yang beredar sekarang mencapai 270 juta, lebih banyak daripada penduduknya," kata Tifatul dalam sambutannya.

Ia mengatakan, bila dibandingkan antara penduduk Jakarta dengan jumlah handphone yang dipakai, maka kira-kira penduduk Jakarta minimal memiliki dua handphone. "Hampir rata-rata orang Jakarta menggenggam dua handphone," tambah mantan presiden PKS ini.

Ia juga mengungkap data lainnya bahwa pelanggan internet sudah mencapai 80 juta subscriber (pelanggan). "Menurut data APJII, diperkirakan sudah 80 juta IP (internet protocol). Bisnis IT kita mendekati angka Rp500 triliun per tahun," ungapnya.

Menurutnya, harus ada kerjasama antara seluruh stakeholder. "Akademik sebagai inkubator, businessman sebagai operator, government sebagai regulator. Komunitas sebagai tempat lahan pengembangan-pengembangan dan aplikasi harus bekerjasama, menjadi lahan yang subur bagi pengembangan ICT ke depan," jelasnya.

Penggunaan media sosial yang meningkat tajam di antara para pengguna internet telah menyebabkan lalu lintas data yang besar di antara para operator seluler. Ini mendorong naiknya penggunaan solusi bisnis berbasis awan untuk perusahaan besar maupun kecil.

Dengan keinginan untuk meningkatkan jumlah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia untuk solusi bisnis perusahaan, seminar ICT Expo 2014 mengusung tema "BIG Data, BIG Solution, BIG Solution". (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox