atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Inilah Pertimbangan Memilih Smartphone Android

By Atjehcyber.net on 5/18/2014 | 03.36


Jakarta - Jika Anda berencana membeli sebuah smartphone Android dalam waktu dekat, Anda bisa menggunakan pertimbangan ini. Apa saja?

Android telah menjadi sistem operasi mobile pilihan sebagian besar produsen smartphone di dunia. Berbeda dari iPhone yang dipatok dalam harga yang cukup mahal dan model terbatas, smartphone Android justru menawarkan banyak pilihan bagi konsumen.

Hal tersebut disambut baik para konsumen karena mereka bisa memilih smartphone Android dengan spesifikasi sesuai kebutuhan dan harga sesuai isi kantong.

Dengan banyak pilihan di pasaran, artinya akan lebih sulit memilih satu smartphone Android yang cocok untuk Anda daripada memilih sebuah iPhone.

Karenanya, jika memang berencana membeli sebuah smartphone Android dalam waktu dekat, Anda bisa menggunakan pertimbangan yang diberikan oleh BusinessInsider berikut ini:

Pertimbangkan dana yang Anda miliki

Sebagian smartphone Android memang memiliki banderol harga yang sama mahalnya dengan iPhone, tapi tak sedikit pula yang dijual jauh lebih murah.

Apabila masih dianggap terlalu mahal, Anda bisa melirik ke smartphone Android di segmen mid-range atau entry level buatan Samsung, Sony, HTC, atau vendor asal China seperti Lenovo, Oppo, atau Huawei.

Namun, jika hanya sekedar ingin mencoba-coba, smartphone Android buatan vendor lokal dijamin tidak akan menguras isi dompet Anda.

Pertimbangkan software yang Anda butuhkan

Urusan software adalah hal terpenting yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli sebuah ponsel.

Software akan menentukan bagaimana nantinya Anda berinteraksi dengan ponsel Anda mengenai apa saja yang bisa Anda lakukan dan kemudahan apa yang bisa Anda dapat.

Pada dasarnya sifat Android sama di semua smartphone. Yang membedakannya, para produsen menambah custom skin sehingga interface di masing-masing smartphone tampak berbeda, selain juga fitur-fitur tambahan.

Jika Anda menginginkan smartphone Android dengan software sederhana, Anda bisa memilih smartphone yang menjalankan stock Android. Artinya, Anda bisa memilih Nexus 5, Moto X atau versi Google Play dari ponsel Android populer, atau pilih saja produk lokal. Moto X memang tidak menjalankan stock Android, tetapi Motorola tidak melakukan banyak kustomisasi di dalamnya.

Namun, jika menginginkan sebuah ponsel Android yang dilengkapi banyak fitur tambahan, seperti kemampuan membuka aplikasi di window berbeda, Samsung Galaxy S5 adalah pilihan Anda. Selain itu Galaxy S5 juga dilengkapi power-saving mode sehingga Anda bisa menghemat baterai dalam kondisi tertentu.

Pertimbangkan ukuran layar yang Anda inginkan

Saat ini, ukuran rata-rata smartphone Android adalah 5 inci. Ukuran tersebut cukup besar dan nyaman untuk nonton video, melihat foto, membaca email juga ebook.

Apabila dirasa masih kurang besar, Anda bisa memilih Galaxy Note 3 (5,7 inci) lengkap dengan stylus S-Pen.


Tapi jika tidak ingin ukuran yang telalu besar, Anda bisa membeli smartphone Android rilisan tahun lalu yang rata-rata berukuran di bawah 5 inci.

Dengan tiga pertimbangan tersebut, kini Anda bisa menentukan smartphone Android apa yang cocok untuk Anda. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox