atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Konsumsi Kopi Bisa Bantu Cegah Kebutaan

By Atjehcyber.net on 5/11/2014 | 20.00


Meminum kopi di pagi hari menjadi ritual wajib bagi sebagian besar masyarakat di dunia. Kandungan kafein dalam kopi terbukti membuat tubuh merasa segar dan rasa kantuk pun mudah sirna. Tapi, riset baru sekarang ini menyarankan Anda meminum segelas kopi karena dapat membantu indra penglihatan.

"Kopi adalah minuman paling populer di dunia, dan kita harus mengerti manfaat apa yang bisa kita dapatkan dari kopi," ujar penulis riset Chang Y Lee dari Universitas Cornell.

Sebuah studi baru yang dikeluarkan oleh Cornell menyarankan kopi karena bisa membantu penglihatan. Secara khusus, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi yang disebut cholorenic acid atau CLA dapat memperbaiki degenerasi retina mata.

Mungkin terdengar menyenangkan bagi Anda penggemar kopi, atau mungkin ini bisa menjadi hal buruk bagi Anda yang sering berdebat dan menanyakan dampak kopi dan kafein terhadap kesehatan.

Tim peneliti bahan makanan melaporkan bahwa kopi memang mencegah iritasi mata dan kemungkinan kebutaaan dari degenerasi retina karena glaukoma, penuaan dan diabetes.

Retina, adalah lapisan tipis jaringan mata yang ditutupi dengan jutaan sel-sel peka cahaya. Jaringan retina sangat aktif secara metabolik dan membutuhkan banyak oksigen, sehingga membuatnya rentan terhadap kondisi stres oksidatif. Kekurangan oksigen dan produksi radikan yang terbatas akan mengarah pada kerusakan jaringan dan kehilangan penglihatan.

Percobaan dilakukan untuk menguji sifat oksidatif CLA pada retina mata makhluk hidup oleh tim peneliti dari Universitas Cornell dan pusat fungsional makanan dari Korea Institute of Science dan Technology.

Lebih lanjut, Lee mengatakan studi ini fokus pada manfaat dan efek kesehatan dari makanan alami, seperti kopi. CLA akan diserap dalam sistem pencernaan manusia, dan tahan berikutnya penelitian akan menentukan jika tertelan CLA dari kopi dan dikirim secara langsung ke retina.

“Mungkin suatu hari nanti, dokter akan memberi resep yang berisi kopi untuk membantu penglihatan Anda tetap sehat,” tutup Lee. (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox