atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Mengintip Karya Besar 'Si Bapak Internet'

By Atjehcyber.net on 5/08/2014 | 20.30


TEKNOLOGI internet sudah melebur dengan masyarakat modern sekarang ini. Keberadaannya seakan mengubah wajah dunia menjadi lebih nyata dan terang benderang.

Siapapun yang terhubung, seakan berada di genggamannya, tidak ada lagi jarak dan waktu. Semua dapat dengan cepat dan mudah diketahui melalui fitur yang satu ini. Bayangkan saja, tanpa harus bertatap muka, satu sama lain sudah bisa terhubung.

Melalui aplikasi Chatting misalnya, orang Indonesia bisa berkomunikasi dengan orang Eropa, Amerika atau negara lainnya tanpa harus bertatap muka. Pastinya dunia jauh lebih mudah dengan keberadaan internet.

Pertanyaannya, apakah semua orang itu mengetahui, siapa si jenius di balik penemuan besar, yang berhasil mengubah wajah dunia seperti sekarang ini?

Dari berbagai sumber, Okezone.com mengupas sosok besar yang telah mengubah dunia menjadi seperti sekarang ini. Ya, si jenius itu bernama Leonard Kleinrock. Masyarakat dunia menjulukinya sebagai bapak internet.

Cikal Bakal
Leonard Kleinrock, pada tahun 1959 dikenal lewat makalahnya yang terkenal dan signifikan, yakni teori pertukaran paket. Hasil karyanya dianggap bakal membawa perubahan pada dunia. Dan itu terbukti, pada 1961 teori pertukarang paket dalam kaitannya dengan teknologi, merupakan cikal bakal lahirnya internet.

Tetapi, itu belum terpikir oleh Leonard Kleinrock, bahwa itu akan berpengaruh pada perkembangan dunia seperti sekarang ini. Baru pada 1969, tepatnya 29 Oktober teorinya itu, jutsru menciptakan salah satu penemuan terbesar abada modern, yaitu internet.

Sang penemu bisa dibilang mujur. Kenapa demikian, karena memang secara tidak sengaja berhasil memecahkan kode digital dan menjadikannya sebagai paket-paket yang terpisah. Leonard Kleinrockpun adalah salah satu pelopor jaringan komunikasi digital.

Pria kelahiran New York, 13 Juni 1934 ini mendapat sorotan karena karya besarnya menciptakan internet. Insinyur sekaligus ilmuwan dengan gelar professsor komputer di UCLA ini, merintis penemuan internet dari hal-hal sederhana menjadi sesuatu yang kompleks dan multifungsi seperti sekarang ini.

Sekarang ini teknologi internet hadir sebagai media multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal misalnya mailing list. Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Sebagai penemu besar abad modern ini, Leonard Kleinrock membuat Presiden George W Bush di Gedung Putih (pada masa itu) memberikannya penghargaan The 2007 National Medal of Science. Sebuah penghargaan karena kontribusi fundamental kepada teori matematika jaringan data modern, dan untuk spesifikasi fungsional switching paket, yang merupakan dasar teknologi internet generasi mentoring. (Dari Berbagai Sumber) (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox