atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Naik-turunnya Penjualan Komputer Tunggu Hasil Pemilu

By Atjehcyber.net on 5/08/2014 | 08.30


Semakin banyaknya perangkat mobile yang canggih dan serbaguna seperti sekarang ini, membuat penjualan perangkat komputer atau PC menjadi semakin meredup dan lesu dari hari ke hari.

Tidak hanya dalam lingkup dunia, untuk wilayah Indonesia sendiri saja, menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Jateng Edy Joko Kiswanto, penjualan PC menurun pada kuartal pertama tahun 2014 ini.

Bahkan menurut Edy Joko, penurunan penjualan tersebut tidak hanya berhenti di kuartal pertama tahun ini saja, namun juga masih dirasakan sampai bulan April kemarin.

Untuk itu, Apkomindo berusaha untuk mendongkrak penjualan produk PC dengan menggelar pameran elektronik (komputer) beberapa waktu lalu dan hasilnya cukup memuaskan.

"Bahkan hingga bulan April lalu penurunan penjualan komputer ini masih terasa untuk itu beberapa waktu lalu kami menggelar pameran, ini untuk mendongkrak penjualan," ujarnya di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Selasa (06/05).

Meski belum diketahui jumlah transaksi dari pameran tersebut namun demikian pihaknya optimis ada peningkatan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

"Memang belum bisa dihitung secara total karena banyak peserta yang belum melaporkan hasil penjualan kepada kami tapi dilihat dari pengunjungnya sangat besar, dalam satu hari bisa mencapai 6 ribu pengunjung," jelasnya.

Ditambah lagi saat ini Pemerintah mulai mengeluarkan anggaran untuk belanja kantor meski baru sebagian, untuk kebutuhan kantor sendiri yang banyak dibeli di antaranya mesin printer dan komputer jinjing.

Pada pameran tersebut hampir 40 persen penjualan didominasi oleh belanja kantor, 10-15 persen oleh mahasiswa dan selebihnya pembeli umum.

"Selebihnya untuk belanja kantor ini sepertinya akan benar-benar terlihat usai pelaksanaan Pemilu presiden mendatang, saat ini banyak perusahaan maupun instansi negeri yang menunggu hasil Pemilu nanti," kata dia.

Pihaknya mengaku ragu akan ada peningkatan penjualan pada libur sekolah mendatang karena saat ini kondisi ekonomi masyarakat yang belum sepenuhnya membaik.

Bahkan sebagian besar pengusaha komputer mengaku tahun ini merupakan tahun yang berat untuk penjualan komputer, Edy menyebutkan tahun ini merupakan 'was-was Pemilu.'

"Menurut kami sebagai pelaku usaha di bidang komputer sebagian besar peredaran uang dikuasai oleh Pemerintah dan ini masih diprioritaskan untuk pelaksanaan Pemilu," tandasnya. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox