atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Nelayan Temukan Puing Roket Peluncur di Amazon

By Atjehcyber.net on 5/02/2014 | 19.30


Rio de Janeiro - Seorang nelayan menemukan sekeping besar puing dari roket peluncur ruang angkasa Eropa di pedalaman hutan Amazon di wilayah Brasil.

Puing roket yang ditemukan mengambang di sebuah sungai di kawasan Salinopolis itu diduga berasal dari roket peluncur satelit yang dilontarkan dari pangkalan Kourou, di negara tetangga French Guiana, Juli tahun lalu.

Dalam keping yang ditemukan tertulis Badan Ruang Angkasa Inggris Raya dan perusahaan satelit Eropa, Arianespace.

"Puing itu berasal dari peluncuran roket pembawa satelit Alphasat pada tahun lalu. Kemungkinan jatuh di Atlantik dan kemudian mengambang ke sungai," jelas Julia Short dari Badan Ruang Angkasa Inggris Raya kepada BBC.


Alphasat adalah satelit komuniasi telekomunikasi Eropa yang diluncurkan dari pangkalan Kourou pada 25 Juli 2013.

Pihak berwenang di negara bagian Para, Brasil, tempat keping itu ditemukan, sudah meminta Badan Ruang Angkasa Inggris Raya untuk mengambil keping tersebut.

Laporan-laporan media setempat menyebutkan diperlukan 10 orang untuk mengangkat keping tersebut dari sungai.

"Ukurannya cukup besar. Kira-kira sebesar mobil," kata Gilson dos Santos, salah seorang penduduk setempat, kepada media Brasil, O Globo. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox