atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Perusahaan China Akan Bangun Kota Bawah Air

By Atjehcyber.net on 5/25/2014 | 14.30


Banyak manusia yang bermimpi bisa hidup bagian yang berbeda di bumi ini, laut misalnya. Kini salah satu perusahaan asal China mengklaim akan membantu mewujudkan mimpi sebagian umat manusia tersebut.

Perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, CCCC, telah menugaskan tim dari AT Design London untuk membuat cetak biru kota bawah air seluas 10 kilometer persegi, Ubergizmo (22/5).

Seperti yang ditulis oleh Dezeen (13/5), teknik konstruksi kota ini diadaptasi dari cara pembangunan jembatan penghubung Makau dan Zhuhai yang panjangnya hampir 50km. Jembatan tersebut mempunyai bagian yang 'tenggelam' sehingga dapat ditiru untuk cikal-bakal kota bawah air nantinya.

Menurut arsitek Slavomir Siska, proses pembuatannya akan diawali dengan mengapungkan kotak raksasa di pulau-pulau terdekat sebelum akhirnya disatukan menjadi kota yang utuh.

Apabila benar-benar selesai dibuat, kota ini akan tampak seperti pulau yang memiliki kota yang 'tenggelam' di bawahnya. Sistem transportasi unik juga disiapkan untuk hubungkan blok-blok kota tersebut, seperti kapal pesiar hingga kapal selam.

Tak berhenti di situ, dalam cetak birunya nanti, akan ditambahkan area hijau, peternakan, dan pusat daur ulang di bagian atas kota tersebut.

Kota bawah air ini rencananya dilengkapi dengan pusat pendidikan, rekreasi, dan bisnis kelas satu, tentunya untuk meningkatkan perekonomian di China. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox