atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Polisi Filipina Tangkap 58 Pemeras Seks Dunia Maya

By Atjehcyber.net on 5/06/2014 | 00.30


Manila - Sebanyak 58 orang di Filipina berhasil ditangkap pihak polisi dan Interpol akibat terlibat dalam jaringan pemerasan seks global di internet.

Kelompok tersebut biasanya beroperasi melalui media sosial atau kamera web. Para korban yang berasal dari berbagai negara, ditipu oleh kelompok itu agar memberikan foto atau video eksplisit mereka di internet.

Selanjutnya korban diperas ribuan dolar dan diancam video atau foto mereka bakal disebar.

Alhasil para korban ketakutan karena pelaku mengancam fotonya akan dikirim ke keluarga dan teman-temannya, jika korban tak membayar.

Bahkan, seorang remaja di Skotlandia melakukan bunuh diri pada tahun lalu, setelah diperas oleh komplotan ini.

"Skala jaringan pemerasan ini sangat besar. Kejahatan ini tak terbatas pada negara atau korban tertentu. Itulah kenapa kerja sama internasional dalam penyelidikan kejahatan ini sangat penting," jelas Sanjay Virmani, director Pusat Kriminal Digital Interpol seperti dilansir BBC.

Sementara itu, menurut Kepala Polisi Filipina Alan Purisima, para pelaku yang ditangkap akan dijerat dengan pasal berlapis termasuk pornografi anak, pemerasan, serta penggunaan teknologi untuk tindak kejahatan. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox