atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Polisi Tangkap Pria Jepang Karena Printer 3D

By Atjehcyber.net on 5/14/2014 | 14.30


Tokyo - Pihak kepolisian Jepang menangkap seorang pria di Tokyo atas tuduhan memiliki dan memproduksi senjata berjenis pistol yang dibuat dengan menggunakan printer 3D.

Saat ditangkap, polisi menemukan barang bukti berupa lima senjata plastik berbentuk pistol dan sebuah printer 3D di rumah pria bernama Yoshitomo Imura ini. Bahkan, dua senjata di antaranya terindikasi mampu menembakan peluru tajam yang bisa memakan korban jiwa.

Mengutip BBC, ini merupakan penangkapan pertama di Jepang atas kasus pembuatan senjata dengan printer 3D. Polisi menangkap Imura setelah pria 27 tahun ini memamerkan hasil kreasinya itu melalui video di internet pada Februari silam.

Setelah diintrograsi, ternyata Imura tidak mengetahui bahwa mencetak pistol dari printer 3D merupakan tindakan melanggar hukum. Dan memang, polisi tidak menemukan sebutir pun peluru di sekitar rumah pria ini.

Masalah seperti ini sebenarnya bukan pertama kalinya terjadi di industri percetakan tiga dimensi. Pada Mei 2013 silam, sebuah grup bernama Defence Distributed di AS, berhasil mencetak pistol pertama dari printer 3D.

Grup tersebut juga menyebarkan cetak biru dari pistol tersebut ke website mereka. Namun, Departemen Luar Negeri AS memintanya segara menghapus desain tersebut agar tidak disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox