atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Samsung Minta Maaf pada Pekerja yang Kena Kanker

By Atjehcyber.net on 5/21/2014 | 08.00


Seoul - Samsung Electronics meminta maaf dan menjanjikan kompensasi bagi para pekerja pabriknya yang menderita kanker terkait paparan bahan kimia.

Hal tersebut merupakan 'kemenangan' bagi keluarga dan aktivis pasca kematian seorang pekerja berusia 23 tahun yang diakibatkan karena terkena kanker darah atau leukemia pada 2007 silam.

Wakil kepala Samsung Kwon Oh-hyun mengatakan bahwa pihak perusahaan akan memberikan kompensasi bagi para pekerja dan keluarga mereka.

"Kami menyesalkan solusi bagi masalah sensitif ini tidak ditemukan pada waktu yang tepat, dan kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk meminta maaf sebesar-besarnya bagi orang-orang yang terimbas," ujar Kwon dalam sebuah pernyataan tertulis yang dilansir VOA.

Meski demikian, Samsung mengatakan bahwa permintaan maaf tersebut bukan berarti mengakui adanya kaitan antara penggunaan bahan kimia di pabrik-pabrik chipset mereka dengan kanker serta penyakit lainnya.

Tujuh tahun yang lalu, seorang pekerja pabrik Samsung bernama Hwang Yu-mi meninggal dunia akibat leukimia. Penyakit yang merengut nyawa Hwang ini diyakini berasal dari paparan bahan kimia dari tempatnya bekerja.

Pihak keluarga dan para aktivis kemudian menuntut Samsung untuk bertanggungjawab dan memperbaiki standarisasi pabrik-pabrik perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini.

Tahun lalu, kisah Hwang dan perjuangan hukum ayahnya, dijadikan film yang didanai oleh donasi dan menarik perhatian pada kemungkinan adanya kaitan antara kondisi-kondisi di berbagai pabrik Samsung yang lebih lama dan kanker yang diidap para pekerja.

Setelah 'berjuang' selama tujuh tahun, mereka pun akhirnya menyambut permintaan maaf Samsung dan mendesak perusahaan tersebut untuk mulai membahas kompensasi. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox