atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Seharian di Planet Ini Hanya 8 Jam

By Atjehcyber.net on 5/07/2014 | 00.30


WASHINGTON - Para ilmuwan menemukan planet bernama Beta Pictoris b yang memiliki perputaran lebih cepat daripada planet dalam tata surya lainnya. Planet Beta Pictoris b yang berada di luar sistem tata surya ini berputar lebih cepat daripada Bumi.

Kecepatan rotasi di ekuatornya adalah hampir 100.000 kilometer per jam Jupiter, planet terbesar dan berotasi tercepat di tata surya, berputar 47.000 kpj. Bumi berputar 1.700 kpj.

Satu hari di Beta Pictoris berlangsung selama delapan jam, sementara Bumi 24 jam dan Jupiter 10 jam. Ilmuwan telah menemukan sekitar 1.800 planet di luar sistem tata surya. Baru sedikit informasi mengenai komposisi planet dan berapa lama mereka mengitari bintang induknya.

Beta Pictoris b adalah salah satu planet yang telah diteliti. Planet gas itu berjarak 63 juta tahun cahaya dari Bumi.Beta Pictoris b berukuran besar, panas, dan muda. Ukurannya sekitar 3.000 kali lebih besar dari Bumi dan tujuh kali lebih besar dari Jupiter.

Ia masih berusia 20 juta tahun dan masih panas akibat pembentukan. Sebagai perbandingan, bumi berusia 4,5 miliar tahun. Bintang induknya, Beta Pictoris, diperkirakan dua kali lebih besar dan 10 kali lebih terang dari matahari.

Kecepatan rotasi Beta Pictoris b mendukung teori kecepatan rotasi berkaitan erat dengan ukuran: semakin besar, semakin cepat. "Kami perlu mengamati lebih banyak planet untuk mengonfirmasi ini adalah hukum alam," kata profesor astronomi University of Leiden, Ignas Snellen, seperti yang dikutip dari Reuters.

Beta Pictoris b berada di selatan konstelasi Pictor dan ditemukan enam tahun yang lalu. Orbitnya dari bintang induk delapan kali lebih besar daripada Bumi ke matahari. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox