atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Snowden: Saya Ingin Pulang

By Atjehcyber.net on 5/30/2014 | 19.30


MOSKOW - Buronan intelijen Amerika Serikat (AS) Edward Snowden melakukan wawancara khusus dengan media AS, NBC. Dalam wawancaranya, Snowden ingin kembali ke rumahnya.

Pembocor data intelijen National Security Agency (NSA) tersebut mengatakan langsung keinginan untuk pulang kepada presenter Brian Williams.

"Jika saya disuruh pilih pergi ke tempat mana di dunia, saya tetap akan memilih rumah," ujar Snowden kepada NBC, seperti disitat Okezone, Kamis (29/5/2014).

Bagi Snowden amnesti atau pengampunan ada di tangan publik dan pemerintah untuk memutuskan. Dia bahkan melihat dirinya sebagai seorang patriot.

"Sejak awal saya mengatakan, saya melakukan (pembocoran data NSA) ini sebagai bentuk mengabdi kepada negara," tuturnya.

Snowden menambahkan, keinginan untuk kembali rumahnya sudah sangat menggebu dan terus terlintas di pikirannya. "Tidak diragukan lagi saya ingin kembali ke rumah," tegasnya.

Ketika ditanya bagaimana bentuk negosiasi dengan pemerintah AS jika dirinya kembali, Snowden beranggapan, "Prioritas saya saat ini bukan diri sendiri. Ini terkait memastikan program (NSA) dapat direformasi dan keluarga serta negara yang saya tinggalkan, bisa terbantu dengan tindakan saya".

Pemerintah AS mendakwa Snowden dengan dakwaan pencurian dan dua kasus mata-mata, setelah dirinya membocorkan dokumen NSA. Dokumen yang dibocorkannya termasuk data penyadapan NSA terhadap warga AS dan sekira 36 kepala negara dan tokoh dunia. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox