atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Spesies 'Katak Menari' Ditemukan di India

By Atjehcyber.net on 5/12/2014 | 00.10


New Delhi - Para ilmuwan mengatakan mereka menemukan 14 spesies baru 'katak menari' di hutan kawasan selatan India.

Spesies baru ini dinamakan 'katak menari' karena sering menendangkan kaki selama musim berkembang biak untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Para peneliti India mengatakan sekitar 80% katak ini ditemukan di luar kawasan yang tidak dilindungi dan karena itu jumlahnya berkurang dalam 12 tahun terakhir, antara lain karena habitatnya rusak.

Katak berukuran kecil ini dapat dengan mudah terseret arus sungai di pegunungan. Sementara musim berkembang biak hanya terjadi satu kali di saat air sungai surut.

"Dibandingkan katak lain, spesies ini sangat sensitif terhadap habitat sehingga perubahan apapun akan bertambah buruk," jelas Sathyabhama Das Biju, kepala tim peneliti dari Universitas Delhi seperti dilansir BBC.

"Pada tahun 2006, terdapat sekitar 400 sampai 500 ekor saat musim berkembang biak. Namun setiap tahun semakin berkurang dan bahkan sangat sulit untuk menangkap 100 ekor sekalipun," tambahnya.

Penelitian tersebut juga telah diterbitkan di Ceylon Journal of Science edisi Mei 2014. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox