atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Studi: Laptop Kalah Efektif dengan Tulis Tangan

By Atjehcyber.net on 5/10/2014 | 08.30


California - Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa menulis catatan via laptop ternyata tidak seefektif menulis dengan tangan. Benarkah?

Studi terbaru yang dilakukan oleh Pam Mueller dan Daniel Oppenheimer, menyatakan bahwa menulis catatan dengan laptop tidak efektif, jika dibandingkan dengan menulis tangan.

Mengutup TheAtlantic, studi tersebut mengunkap bahwa mencatat kuliah dari dosen dengan cara tradisional (dengan menggunakan pena), membuat pelajar lebih mengingat mata kulih lebih baik, ketimbang mencatatnya dengan menggunakan laptop.

Studi tersebut juga melibatkan para pelajar yang sedang menonton video, untuk mencatat perbincangannya dengan tulis tangan dan menulis via laptop.

Selain itu, para responden juga dimintai tes selama 30 menit terkait materi yang mereka catat, hasilnya pun tetap mendukung teknik mencatat dengan tangan.

Hal ini dikarenakan bahwa mengetik dengan laptop itu pengguna cenderung untuk mentranskrip kata-kata, bukan memprosesnya.

"Orang-orang yang mengetik dengan laptop kadang-kadang tidak begitu faham apa yang sedang mereka tulis," ujar Mueller. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox